kisah kisah menarik saat ibadah haji

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakathu,

kebanyakan orang kadang tidak pernah berfikir secara kritis apa yang akan terjadi ketika kita  melakukan sebuah tindakan tindakan ringan dan sepele, seperti contoh nya memetik sehelai daun di pekarangan rumah tetangga, atau sekedar berkomentar buruk di dalam hati ketika melihat sesuatu yang terlihat janggal dan aneh baik pada sebuah benda atau orang yang kita temui, namun seperti yang kita ketahui sedikit banyak nya orang yang telah menunaikan ibadah haji dari mereka tak sedikit kita dengar kisah atau cerita cerita janggal yang terjadi  sewaktu  di tanah suci ketika tengah berhaji, entah itu sebuah kejadian baik atau pun buruk tergantung sesuai kepada amal perbuatan kita sebelum nya, makanya mungkin hal ini salah satu factor kecil dari  banyaknya orang yang selalu mengatakan belum siap untuk berhaji walau keadaan finansial sudah berlebih

 

nah kali ini ergi mau berbagi kisah ringan  mengenai orang yang tengah ber ibadah haji di tanah suci mekah al mukaromah, bagai mana kisah nya langsung aja ya…

 

Kisah ini mungkin bukan sebuah kisah menyeramkan yang akan membuat jantung kalian berdebar kencang, namun makna di balik kisah ini, insya allah akan kita dapati sebuah sebuah pelajaran berarti dalam bagai mana kita bertindak dan menyikapi hal hal kecil yang kita anggap sepele dalam kehidupan sehari hari

 

Kisah  bpk. Abdul dan Ibu romlah (samaran)

Kisah ini terjadi ketika pak abdul dan bu romlah masih berada di tanah suci mekah al mukaromah, mereka berdua semenjak tiba di tanah suci, dengan niat hati yang tulus ikhlas menunaikan rukun islam yang terakhir yaitu menunaikan ibadah haji, dari pertama tiba di tanah suci, mereka berdua dengan penuh suka cita menjalankan ibadah haji, tahap demi tahap hingga tahap akhir selesai mereka lalui dengan sempurna, tentunya hati mereka bergembira, karena selama ibadah haji tak ada satu pun kendala yang berarti, hingga pada suatu ketika mereka hendak berkemas pulang menuju tanah air, pak abdul dan bu romlah yang saat itu tengah berkemas, tiba tiba membutuh kan se utas tali untuk mengikat salah satu barang bawaan nya, maka di carilah oleh mereka kesana kemari namun mereka tak mendapatkan, sebetul nya sepele sekali, hanyalah seutas tali untuk mengikat, namun seperti nya mereka berdua di buat kerepotan, bukan nya meminta atau jika malu seyogya nya membeli, namun tak terfikir oleh mereka untuk itu, jadi pada saat mencari cari, tiba tiba pak abdul menemukan tali yang panjang dan ukuran nya sangat pas sekali, dari sebuah kamar salah satu kamar sahabat yang  satu kloter dengan nya, namun pemilik kamar itu telah lebih dulu selesai berkemas dan meninggalkan ruangan itu, di pakailah tali tersebut untuk mengikat barang bawaan mereka,

singkat cerita mereka berdua sudah berada dalam sebuah kendaraan yang akan membawa mereka menuju bandara, namun apa yang terjadi selama dalam perjalanan ruangan mobil yang di tumpangi pak haji abdul dan bu hj.romlah beserta jamaah haji lain nya itu ber aroma busuk, seperti bau bangkai menyengat,  aneeeh, tiba tiba atsmosfir di dalam kendaraan yang tadi nya sejuk ber AC , jadi berubah sangat bau busuk bangkai hingga menyebabkan supir yang membawa rombongan itu menghentikan mobil nya dan setelah itu bersama sama para jamaah haji yang berada di dalam mobil mencari sumber bau busuk yang menyengat itu, tidak sampai memakan waktu lama, akhir nya di ketahui sumber bau busuk itu ternyata dari sebuah seutas tali, ya seutas tali plastic yang melilit barang bawaan milik pak abdul yang terlihat bersih kering tak ada noda itu,  dengan sangat aneh bisa menebarkan bau busuk yang menyengat sekali, hingga akhir nya setelah di lepas oleh supir yang seperti nya berkebangsaan arab sambil menyerocos dan mengacung acungkan tali  itukepada pak abdul dengan berbahasa arab yang tidak begitu di mengerti arti nya,  lalu di bawa nya keluar entah di buang entah apa tali tersebut oleh supir itu, tak lama dari kejadian itu ruangan kendaraan kembali wangi dan segar… pak abdul yang merasa aneh dan keheranan juga penasaran kenapa tali itu bisa bau padahal sebelum nya waktu di temukan tak ber bau sama sekali, terlebih juga tambah penasaran mengenai supir tadi berkata kata apa padanya!!  lalu pak abdul berusaha bertanya pada seorang yang duduk di sebelah nya

Yang ternyata cukup fasih berbahasa arab, lalu di artikan oleh beliau kira kira seperti ini

Supir tadi berkata pada anda bahwa anda mengambil haq yang ternyata bukan milik anda setelah mendengarkan penjelasan orang di sebelah nya pak abdul baru tersadar dan berucap istigfar beberapakali dan memohon ampunan dalam hati kepada allah karena kelalaian nya.

 

Kisah ibu hj. Rhodiah (samaran )

Kisah yang satu ini yang di alami ibu hj. Rhodiah lebih menggelitik lagi namun cukup luar biasa, pada suatu ketika ibu hj. Rhodiah ketika tengah berlalu dia melihat se ekor unta yang sangat tinggi dan besar ter ikat di sebuah pohon, suatu pemandangan yang hampir bisa di katakan belum pernah dilihat oleh beliau, karena ibu hj. Rhodiah adalah jamaah haji dari daerah cikeusal serang banten, tentu saja di kampung nya tidak ada unta.

nah saat melintas itu, ibu hj. Rhodiah melihat sang unta yang tinggi besar itu mengeluarkan kotoran yang seperti kotoran kambing bulat bulat kecil dan hitam, spontan bu hj. Rhodiah bergumam di hati nya dengan berkomentar “” idiiih lucu nya itu hewan tinggi gede tapi tau nya kotoran nya kecil kecil kaya kambing”” sebuah komentar spontan di hati yang secara instant karena melihat sesuatu yang tak lazim menurut nya setelah itu ke esokan hari nya ibu hj. Rhodiah tiba tiba sakit perut luar biasa sekali ber ulang ulang ke WC tapi gak juga mau buang air kalau bahasa serang  nya mungkin sembelit atau kebebelan, sambil meringis menahan mulas yang ke sekian kali nya pas terakhir beliau mencoba untuk buang air apa yang terjadi??? Ibu hj. Rhodiah buang air sama persis sama bulat bulat kecil hitam banyak sekali memenuhi lubang wc dan membuat nya bergidik keheranan, namun tak berapa lama beliau tersadar dan teringat kalau kemarin dia telah berkomentar mengenai kotoran unta, setelah kejadian itu ibu hj. Rhodiah langsung mengambil air wudhu dan melaksanakan shalat taubat karena merasa salah telah tidak sengaja mencela se ekor unta

 

Kisah bapak H. jufri (samaran)

Kisah pak H.jufri mungkin agak lebih menyakitkan namun sekaligus menyadarkan beliau dari kesalahan kesalahan yang lalu sebelum berangkat ke tanah suci… pak jufri yang tengah berjalan dengan beberapa jamaah tanpa ada angin dan hujan artinya tanpa sebab, tiba tib salah seorang suku arab badui entah dari mana datang nya menghampiri pak jufri dan… PLLaaaaak wajah pak jufri di tampar keras sekali hingga membuat nya terhuyung sempoyongan hampir saja nyungsep jika tidak di pegang oleh kawan di sebelah nya saat itu, ya pak jufri saat ber ibadah haji di tempeleng orang tanpa juntrung yang jelas namun aneh nya pak jufri diam saja tak marah setelah menerima perlakuan itu, justru beliau mengeluarkan air mata dan meneruskan perjalanan ibadah hajinya, kawan kawan nya yang ke heranan, setelah mereka kembali ke asrama beberapa kawan nya bertanya kenapa bapak tiba tiba di tempeleng?? Pak jufri menjawab dengan singkat saya memang pantas untuk di tempeleng pak, karena saya sebelum berangkat ke tanah suci ini saya akui saya seorang yang ringan tangan, tak jarang istri atau anak sy juga, jika saya sedang emosi dan tak terkendali saya suka menempeleng mereka, kawan kawan yang mendengarkan penjelasan pak jufri  istigfar berjamaah…

 

Itulah sobat sobat beberapa kisah yang terjadi di tanah suci dari mereka yang pernah menunaikan ibadah haji, lalu hikmah bagi anda, kita semua, dan juga diri saya pribadi yang mungkin nanti, insya allah akan memenuhi panggilan nya, jika di berikan kesempatan untuk beribadah ke tanah suci, maka mulai lah dari sekarang untuk berfikir hal hal  dosa terkecil apa? hingga dosa yang terbesar apa yang telah kita lakukan, baik secara di sengaja atau tidak di sengaja tentunya dalam hubungan ke pada allah atau kepada sesama mahluk ciptaan NYA, dan segeralah memohon ampunan nya, adapun permasalahan itu berhubungan dengan sesama  manusia maka segeralah mintakan maaf, insya allah dengan memangment hati dan prilaku kita dari sekarang, walau dimulai dari hal yang terkecil saja, insya allah akan membawa kita semua kedalam kebaikan. amin

 

32 Comments to "kisah kisah menarik saat ibadah haji"

  1. Hafizh's Gravatar Hafizh
    6 November 2012 - 19.13 | Permalink

    sippp banget ceritanya keep story ya

  2. yudi's Gravatar yudi
    6 November 2012 - 19.27 | Permalink

    SUBHANALLAH. . . .

  3. riftha jasmine's Gravatar riftha jasmine
    6 November 2012 - 23.51 | Permalink

    Astagfirullaahaladzim…….
    Jadi merenung udh baca cerita a ergy…. Thumbs up (y)

    • 29 Juni 2013 - 04.19 | Permalink

      I haven’t read it, but i did try a low carb diet that helped me a lot.And to Banana Pants do you even know what PCOS is?? Maybe you slhoud look it up and then apologize for being rude. A lot of women with PCOS have weight issues because their hormones are imbalanced. So just eating healthy and exercising doesn’t work.

  4. rizki's Gravatar rizki
    7 November 2012 - 10.45 | Permalink

    ak suka banget…trimakasih critanya

  5. Anonim's Gravatar Anonim
    7 November 2012 - 11.07 | Permalink

    jadi inget berita dahulu wktu sby presiden indonesia itu naik haji. Diberitakan kalo kainyg menutupi tubuhna itu copot terbang terbawa angin.dan sby bugil depan jamah-jamaah haji lainnya.
    Subhanallah,Allah emang adil,ditegurnya sby itu. Yaitu harus terbuka d rakyatnya. Jngn bnyk menutupi kebusukan-kebusukan.

  6. kamal adi's Gravatar kamal adi
    7 November 2012 - 11.07 | Permalink

    mantap ceritanya gan, sangat mendidik

  7. Anonim's Gravatar Anonim
    7 November 2012 - 11.14 | Permalink

    menghampiri dan dihampiri konotasinya beda lho mas.
    Aq tadinya mengira kl yg menampar itu pa jefrinya. Krn menghampiri suku arab.. Yg janggal kata-kata nya ya itu.

    • ergi's Gravatar ergi
      7 November 2012 - 18.08 | Permalink

      ho ho ho iya …di situ ada yang salah ..nanti saya edit thanks ya

  8. Dewi Asriani's Gravatar Dewi Asriani
    7 November 2012 - 16.40 | Permalink

    memang, ka ergy top banget… *astagfirullah, kayanya dewi juga banyak salah nih

    • Dewi Asriani's Gravatar Dewi Asriani
      29 Desember 2012 - 17.11 | Permalink

      hehehehe,,, iya, manusia itukan memang gk luput dari kesalahan, tapi alangkah baiknya jika kita menghindari semua hal-hal yang bisa membuat kita terjerumus ke dalam jurang kesalahan…

  9. Rindi's Gravatar Rindi
    8 November 2012 - 03.28 | Permalink

    Mantap

  10. mayang w.s's Gravatar mayang w.s
    8 November 2012 - 15.30 | Permalink

    subhanallah.. smoga yg mbaca jg bsa sadar dri smw ksalahnx…
    gd yg smpurna… nice story mas ergi…

  11. rere's Gravatar rere
    8 November 2012 - 20.15 | Permalink

    inspired banget A’
    btw pengalaman haji sulam ada gak?
    wkwkwkw

  12. 11 Januari 2013 - 09.08 | Permalink

    emang bener sekali klo di saudi langsung z balasanya,makanya bagi para tkw/tki yg merasa di indo berbuat bnyk kesalahan sebaiknya hati” apa lg sampai mau berangkat pake dukun dulu minta pengasihan malah ujung”nya kaya teman ku nyata di bunuh langsung bawaanya benci nabget ngeliat wajah teman ku?sampai” aku suruh kabur ga mau padahal aku mati”an ngebela dia sampai aku sendiri kena cambukan yg ga salah kena imbasnya?tp masya Allah walau aku di cambuk sampai bilur” merah ga terasa sakit sedikit pun dg menyebut asma Allahu akbar………………sambil di cambukin?tp malang jg dia telah tiada saat aku dah berada di taiwan…………..semoga arwah siti di ampuni & di terima oleh Allah swt amin……………………………………..

  13. simanis's Gravatar simanis
    6 Februari 2013 - 18.01 | Permalink

    aku pernah dengar beberapa cerita yang hampir mirip. dan memang kabarnya jika kita pergi ketanah suci kesalahan2 yang kita lakukan didunia akan mendapatbalasannya di tanah suci. seperti kisah hj. jufri.

    naice story, bikin aku berfikir kalo mau bertindak

  14. aidikitaro's Gravatar aidikitaro
    28 Februari 2013 - 13.50 | Permalink

    ceritanya bagus bang ergi.sangat mendidik,

  15. jessicamrln's Gravatar jessicamrln
    22 Maret 2013 - 14.09 | Permalink

    Subhanllah sangat2 bagus ini cerita, kita jd bisa tau dan lebih hati2 jika kita berada di tanah suci.

  16. sigitstrife's Gravatar sigitstrife
    15 April 2013 - 12.10 | Permalink

    saya membaca cerita ini jadi pengen nikah…(lho kok gk nyambung?)

  17. 25 April 2013 - 22.07 | Permalink

    Sangat meningkatkan kualitas qolbu kisahnya.

  18. kangmas nuna's Gravatar kangmas nuna
    31 Mei 2013 - 15.22 | Permalink

    mantap mas… Sedikit tambahan cerita. Ibuku seorang janda yg gemar menolong org dan mengasihi anak yatim, saat naik haji seperti dipermudah sgala urusan. Bahkan sering dikawal org arab besar,tinggi, putih tetapi bicaranya selalu pakai bahasa jawa halus. Ada suami istri (sebut aja fulan), beliau cerita hanya pada kami. Saat berhaji hingga pulang ke indonesia tidak pernah melihat ka’bah. (beliau ber 2 dulunya rentenir). Ada lagi saudara tetangga dulu hidupnya super jorok, saat berhaji dimana mana dia liatin bab/kotoran manusia. Makanya, jadi orang baik2 aja. Biar kita selamat dunia dan akhirat…

  19. risa nur h.tasik's Gravatar risa nur h.tasik
    26 Juni 2013 - 13.23 | Permalink

    menjadi kekasih-MU dan slalu didekat-MU,,adalah keinginanku pada-MU.:D

  20. 29 Juni 2013 - 17.43 | Permalink

    Wow. Rude and arrogant. I had hoped for a llttie more professionalism. So, you’re one of those techies with no social skills, right?I’ve only been doing WordPress for 3 days. It is no crime for me to ask for documentation, or directions to a support forum. Especially when I’ve seen so many people dropping Mantra because they can’t get the Presentation Page to work properly, and no one else seems capable of answering their questions. (Do a Google search if you don’t believe me).If you want to get people to support you financially (which I was going to do, but am starting to change my mind), the least you can do is learn some business communications skills and remember that your business won’t last long without customers.

  21. 2 Juli 2013 - 22.52 | Permalink

    Please could you add an option to comutsise the text before the comment box? The reason I want to do this (and so should everyone in the EU now) is that I want to tell the user that by adding a comment, a cookie will be stored on their computer and by continuing, they are giving consent for this. This is now a requirement in EU law.I know I could do this by editing css, but I’m sure many people would appreciate this functionality for the above reason.Thanks for the great theme.Andy http://hgqkihng.com [url=http://ynvwtboedse.com]ynvwtboedse[/url] [link=http://jzavooblqkb.com]jzavooblqkb[/link]

  22. Nar's Gravatar Nar
    3 Juli 2013 - 14.26 | Permalink

    Hi, thanks for your help Kay on my last query, that’s all soretd now However it’s just been pointed out that now my Blog is on a set page rather than the home page the option to comment has disappeared. I’ve looked at it and all things that should be ticked are, so I am not sure why the option to comment is no longer there. Can you help please .again! There’s always one isn’t there? I’m sorry it’s me

  23. m.ardy's Gravatar m.ardy
    27 Maret 2014 - 10.08 | Permalink

    Astaghfirulloohal ‘Adziiiim…Ampunilah dosa2 kami ya Alloh, sudah banyak cerita2 seperti itu, tanah suci seperti membuka tabir rahasia yg disembunyikan manusia, akan terungkap walau ini masih di dunia nyata, untuk pembelajaran kita semua sebelum ke sana…ALLOHU AKBAR 3x…

  24. m.ardy's Gravatar m.ardy
    27 Maret 2014 - 10.12 | Permalink

    yg punya cerita2 lain, boleh donk berbagi ke 081392372488

  25. 29 April 2014 - 07.10 | Permalink

    you’re in eality a excellent webmaster. The web site
    loading speed is amazing. It sort of feels that yyou are doing any distinctive trick.

    Also, Thhe contents are masterpiece. you have dome a magnificent activity inn
    this matter!

Tulis komentar (Komentar akan di update setiap 6 jam)


*