Sundel Bolong Dan Kuntilanak

Nah, Saya Mendapatkan Sedikit Info Tentang Hantu Sundel Bolong Dan Kuntilanak, Apakah Dua Makhluk
ini Sama Atau Tidak ? Untuk menjawab pertanyaan mereka yang Menanyakan hal itu, mungkin postingan saya kali ini dapat sedikit memberikan jawabannya.

Hantu Sundel Bolong

Sundel bolong dalam mitos hantu Indonesia digambarkan dengan wanita berambut panjang dan bergaun panjang warna putih. Digambarkan pula terdapat bolong di bagian punggung yang sedikit tertutup rambut panjangnya, sehingga organ-organ tubuh bagian perut terlihat. Dimitoskan hantu sundel bolong mati karena diperkosa dan melahirkan anaknya dari dalam kubur. Biasanya sundel bolong juga diceritakan suka mengambil bayi-bayi yang baru saja dilahirkan.

Hantu Kuntilanak

Kuntilanak (bahasa Melayu: puntianak, pontianak) adalah hantu yang dipercaya berasal dari perempuan hamil yang meninggal dunia atau wanita yang meninggal karena melahirkan dan anak tersebut belum sempat lahir. Nama “kuntilanak” atau “pontianak” kemungkinan besar berasal dari gabungan kata “bunting” (hamil) dan “anak”.

Kota Pontianak mendapat namanya karena konon Abdurrahman Alkadrie, pendiri Kesultanan Pontianak, diganggu hantu ini ketika akan menentukan tempat pendirian istana.

Dalam folklor Melayu, sosok kuntilanak digambarkan dalam bentuk wanita cantik yang punggungnya berlubang. Kuntilanak digambarkan senang meneror penduduk kampung untuk menuntut balas. Kuntilanak sewaktu muncul selalu diiringi harum bunga kamboja. Konon laki-laki yang tidak berhati-hati bisa dibunuh sesudah kuntilanak berubah wujud menjadi penghisap darah. Kuntilanak juga senang menyantap bayi dan melukai wanita hamil.

Dalam cerita seram dan film horor di televisi Malaysia, kuntilanak digambarkan membunuh mangsa dengan cara menghisap darah di bagian tengkuk, seperti vampir.

Agak berbeda dengan gambaran menurut tradisi Melayu, kuntilanak menurut tradisi Sunda tidak memiliki lubang di punggung dan hanya mengganggu dengan penampakan saja. Jenis yang memiliki lubang di punggung sebagaimana deskripsi di atas disebut sundel bolong. Kuntilanak konon juga menyukai pohon tertentu sebagai tempat “bersemayam”, misalnya waru yang tumbuh condong ke samping (populer disebut “waru doyong”).

Mohon Maaf Jika Saya Tidak Mempersertakan Sumber, Di Karenakan Postingan kali Ini Sudah Saya Simpan Lama Di Catatan Facebook, dan tidak menemukan lagi web tempat saya mengCopy Postingan Di Atas.

 

http://5besar.blogspot.com/2012/09/sundel-bolong-vs-kuntilanak.html 

atau

Kuntilanak dan Sundel bolong.

8 Comments to "Sundel Bolong Dan Kuntilanak"

  1. narumi's Gravatar narumi
    8 Januari 2013 - 11.57 | Permalink

    Wah… Bener” di cariin. jadi ngerepotin nih *jiahhh… Padahal waktu baca Pasang tampang enggak bersalah* makasih ya mas fajri.. *kesenengan nih di postingin*

  2. Cut's Gravatar Cut
    8 Januari 2013 - 12.08 | Permalink

    TEnang saya dapat mas,, saya editin ya…

  3. kha akmelia's Gravatar kha akmelia
    8 Januari 2013 - 12.41 | Permalink

    dimana2 mis kun penampakanx nyaris sma…. ih serem ah!

  4. ridho's Gravatar ridho
    8 Januari 2013 - 12.56 | Permalink

    nice info..

    yg penting jangan sampek ada yg bertanya ”perbedaan kunti biasa sama kunti merah dan perbedaan kunti cewek sama kunti cowok”..

    ada yg tahu beda wewegombel sama kolongwewe?? wkwkwk :-D

  5. kamal adi's Gravatar kamal adi
    8 Januari 2013 - 13.46 | Permalink

    kayanya udah pernah baca, tapi bagus jg infonya, akhirnya sampai jg di ”pit stop”…

Tulis komentar (Komentar akan di update setiap 6 jam)


*