Kunti itu…

Ini adalah cerita sewaktu aq masih di Cirebon. Bibiku, waktu itu sedang mengandung anak ke 3 dr suami ke 2 nya. Sebut saja bi enok. Bi enok ini rambutnya panjang sepunggung, dan kalo ga salah waktu itu bi enok lg hamil tua.

Suatu hari, aku melihat bi enok sudah  dengan rambut yang pendek seperti rambut laki-laki, aku kira karna memang kegerahan  atau takut nanti setelah melahirkan ribet ama rambut saat menyusui, makanya dipotong, Tapi ternyata dari tetangga-tetangga, aq mendengar selentingan cerita tentang bi enok ini. Katanya, suaminya bi enok, sudah tdk pernah tdr pada malam hari krn menjaga istrinya yg diganggu kuntilanak.

Ceritanya, saat bi enok tidur dikamarnya yg terletak di tingkat  2, tiba-tiba bi enok mendengar ada suara anak ayam, curigalah bi enok ini, lalu bi enok membangunkan suaminya, menyuruh untuk memeriksa suara itu. Di bukalah jendela kamar bi enok yg langsung menghadap pada sebuah pohon, dan ternyata dipohon itu ada miss idol yg sedang duduk didahan pohon sambil ongkang2 kaki, di usirlah itu mis idol oleh suami bi enok dgn cara memukul-mukulkan sapu lidi pada bingkai jendela.
“husss,, husss,, pergi,, pergi sana.”
tidak lama kemudian miss idol itupun terbang sambil tertawa ceria. ditutup lagilah jendela itu.

Besok malamnya, suami bi enok siap siaga tidak tdr krn takut kejadian semalam terulang lg, dan benar saja miss idol itu kembali. Tengah malam ada suara ketukan dijendela kamar bi enok.
tuk,,, tuk,, tuk,, rentan bunyi suara nya itu dr suara pertama ke suara selanjutnya aga lama.
“wah, wah, wah,, ni dia pasti datang lagi” gumam suami bi enok sambil memegang sapu lidi untuk siap2 “perang”. Dan bi enok hanya bisa terduduk dipojok kasur dekat tembok sambil ketakutan.

Dibukalah jendela kamar nya itu oleh suami bi enok, dan taraaaaaa this is it,, ada kain melambai2 yg berisi sepasang kaki yg menjuntai dr atas jendela kamar,sepasang kaki yg sedang goyang2 tepat didepan jendela kamar,dan tepat pula didepan mata bi enok dan suaminya. Dengan sigap, suami bi enok memukul-mukulkan sapu lidi yg sedari td dipegangnya pada sepasang kaki itu.. Dan terdengar lirih suara tawa miss idol. Entah itu suara kesakitan atau suara kegelian.
“pergi sanah,, pergiiii,, sanah, sanah,, ngapain kamu nongkrong disini? Sanaaa pergiii..dasar hantu.” Kata suami bi enok marah.
karna itu kunti ga pergi2 juga, malah terus tertawa keras, bi enok akhirnya masuk kedalam kolong kasur, bersembunyi disana.
Sedangkan suaminya, tetap asyik memukuli kaki itu kunti, dan tiba2.. itu kunti terbang turun melewati suami bi enok masuk kedalam kamar bi enok. jiaaaaaaaaaaaa.. bi enok yg melihat dr bawah kolong tmpat tidur makin ketakutan, padahal cm liat kaki itu kunti. Suami bi enok makin kewalahan antara takut dan kesal. Dimarahinlah itu kunti.
“heh ai sia ngagangu pamajikan aing wae. ingkah sia teh, bisi diduruk ku aing. (heh, ai kamu ngeganggu istri aku mulu, pergi kamu tuh, nanti aku bakar km” kata suami bi enok sambil mengacung-acungkan sapu lidi.

Lalu terdengar suara kunti itu bilang kalo dia suka sama rambut bi enok yg panjang. Suami bi enok tidak memperdulikan perkataan itu kunti, dengan cepat dia langsung membaca ayat qursi, dan sikunti itu pun terbang kembali keluar kamar sambil tetap tertawa.
Alhasil, bi enok memotong rambutnya pendek sekali, sperti rambut laki-laki. dan katanya, setelah itu, tu kunti ga datang lg.
Ternyata, teror kunti itu ga sampai disana saja, si kunti itu waktu terbang meninggalkan rumah bi enok, dia menemui sekelompok pemuda yg sedang diam di pos ronda. Itu kunti tertawa-tawa di atas pohon sebrang pos ronda. Oleh pemuda2 disana, kunti itu ditantang turun sambil tertawa2 pemuda2 itu meledeki si kunti. Bahkan ada salah 1 pemuda yang berjoged2 ria dibawah pohon itu menantang sikunti, tiba2 sikunti mengabulkan keinginan para pemuda untuk turun ke bawah..
“ajiiiiggggg,, kuntina beneran turun eeuuyy,, kabuuurrr. (ajiiiigggg, kuntinya beneran turun, kabuuurrr.)” kata salah seorang pemuda itu sambil melakukan jurus langkah seribu di ikuti tmn2nya.

Setelah semua pemuda saling berlarian dan kembali pd rumah masing-masing, ada 1 pemuda yg lambat berlari. Lalu tibalah pemuda itu dirumahnya, pemuda itu masuk ke rumahnya lewat pintu belakang. Baru saja itu pemuda masuk rumah, tiba2 ada ketukan dipintu belakang rumahnya itu.
Pemuda itu berfikir, mungkin salah 1 temannya yg berkumpul tadi, lari mengikuti nya. Maka dibukalah pintu belakang rumahnya itu. dan taraaaaaaa.. this is it,,,, tampaklah sesosok wanita berambut panjang dengan mata yang hanya berwarna putih saja, dan itu katanya dr wajah sipemuda ke wajah itu sosok, hanya berjarak 2jengkal.
Maka sukseslah sipemuda pingsan, itu yg sipemuda rasakan, karna yg sebenernya adalah sipemuda itu kesurupan. teriak-teriak gak karuan. untung keluarga dan para tetangga cepat tanggap.

Dan terakhir,, dilain hari ada tetangga rumah aku, pulang mengaji lewat depan rumahku, dia melihat ada kuntilanak lg duduk dipohon mangga depan rumah aku. Dan adikku laporan ke aku, katanya saat itu dia mendengar suara cwe menangis dengan suara yg mendengung tepat berada dibalik tembok tempat dia sedang tiduran, pantas aja kala itu perasaan aku khawatir… Dan itu terjadi saat azka masih dalam kandungan.
Akhirnya suamiku tiap malam nonstop memplay suara mengaji di wnamp komputernya. Lalu sepupuhku yang masih perjaka, mengencingi tempat si kunti itu menangis, jujur aku ga tau apa maksud dari tingkahnya, hanya kata mertuaku, itu salah 1 cara untuk mengusir kunti itu. Dan setelah kejadian2 itu, gangguan2 itupun berakhir. (Perasaan ditiap kalimat, banyak banget aku menulis kata “itu”).

Lucunya saat bi onah mengalami gangguan-gangguan itu, suara sikunti tidak terdengar kerumahku, pdahal rmh ku dan rmh bi onah itu bertetangga, hanya terhalang beberapa rumah kecil, dan aku bersama suami selalu tidur di atas jam 2 pagi, tapi kita tidak mendengar keributan apapun. Hanya kaka iparku pernah bicara padaku, kalo dia pernah mendengar suara anak ayam tengah malam lewat belakang rumahnya, kebetulan rumah kaka ipar ini hampir bersebelahan ama rumah bi onah, hanya terhalang 1 rumah saja.

Sekian ceritaku ini, memang sih kalimat dalam ceritanya berantakan. Karna sengaja. (alasan, padahal aku memang tdk bs merangkai tulisan dgn baik)

Terimakasih.

 

24 Comments to "Kunti itu…"

  1. ridho's Gravatar ridho
    1 Februari 2013 - 08.40 | Permalink

    biasanya thisisit ala farah quinn..thisisit ala (tukang) malakin {tukang malakin anak SD}..

    ceritanya bagus mbak.. seru plus lucu.. satu cerita, 4 kejadian..

    kebanyakan ”itu”?? sama kayak aku.. kalau aku kebanyakan ”nya” dan ”tersebut”.. wkwkwk..
    maklum aku gak bisa nulis yg baik dan benar alias semrawut mirip rambut kunti..

    cerita lagi donk mbak.. ditunggu karya mas devas nya..

  2. ita's Gravatar ita
    1 Februari 2013 - 09.47 | Permalink

    itu adalah sodaranya ita

  3. Darkblood's Gravatar Darkblood
    1 Februari 2013 - 09.57 | Permalink

    Itu namanya Sri Mbok Mbok, di legenda gang makam dan pasar jogja, sering ditemui

  4. Nimas's Gravatar Nimas
    1 Februari 2013 - 10.21 | Permalink

    Mantab ceritanya sist.

    Aku udah sedia karung nich,ayo cptan siap2 hari jum’at lho…hehehehehe

  5. Ibnu Abi's Gravatar Ibnu Abi
    1 Februari 2013 - 10.37 | Permalink

    Huh, dasar Kuntilanak kurang ajar! Lain kali keroyok rame-rame Mba lalu iket ditiang masjid terus telanjangin deh tuh kunti….Biar kapok!….BTW ceritanya bagusss…! ^_^

  6. Ag. Tjandra J.'s Gravatar Ag. Tjandra J.
    1 Februari 2013 - 11.05 | Permalink

    Wah ceritanya serem + lucu, bisa-bisanya tertarik sama rambutnya bi enok yang panjang…. mungkin sebenarnya si kunti tuh mau tanya shamponya merek apa kali ya ??? ha..ha..ha :D
    Malah ada jurus baru cara mengusir si kunti… tapi harus laki-laki dan masih perjaka ya mbak???

  7. Ag. Tjandra J.'s Gravatar Ag. Tjandra J.
    1 Februari 2013 - 11.24 | Permalink

    Ha…ha..ha… omong-omong kayaknya Arsip cerita Januari 2013 banyak sekali ya mbak…kayaknya rekor deh dibandingkan bulan-bulan (2012) sebelumnya… :D

  8. 1 Februari 2013 - 11.48 | Permalink

    Greats story sist..

  9. kamal adi's Gravatar kamal adi
    1 Februari 2013 - 12.20 | Permalink

    merinding jg, btw tuh kunti asalanya dari mana?

  10. haryz namykaze's Gravatar haryz namykaze
    1 Februari 2013 - 12.37 | Permalink

    pemuda ” nya bukan godain cewe cantik malah godain miss kunti . .
    wkwkwk
    ceritanya bagus

  11. akmel's Gravatar akmel
    2 Februari 2013 - 06.43 | Permalink

    legax bs koment lagi, cerita yg bi onah lagi donk? btw cerita ini jg bgus!

  12. TIADA HARI BACA SEGALA TENTANG MISTIK's Gravatar TIADA HARI BACA SEGALA TENTANG MISTIK
    2 Februari 2013 - 20.51 | Permalink

    serem,………………….. bagus

  13. hasan's Gravatar hasan
    5 Februari 2013 - 18.20 | Permalink

    foto cut cakep deeeeeh……………….

  14. 3 Agustus 2013 - 22.07 | Permalink

    NbcjtY Thanks so much for the post.Really looking forward to read more. Really Cool.

  15. 4 Agustus 2013 - 14.34 | Permalink

    Im grateful for the post.Really looking forward to read more. Want more.

  16. 4 Agustus 2013 - 22.41 | Permalink

    I really liked your blog post. Awesome.

  17. 16 Mei 2014 - 11.03 | Permalink

    If you would like to grow your knowledge only keep visiting this web site
    and be updated with the most recent information posted here.

Tulis komentar (Komentar akan di update setiap 6 jam)