Ayahku hampir jadi tumbal pesugihan 2

Assalamualaikum wr.wb

Ini kelanjutan cerita yang ayahku hampir jadi tumbal pesugihan.

ooo

Tahun 2012

Kampungku memang sudah terkenal angker, namun hal yang paling ditakuti adalah pas memasuki bulan Mulud. Masyarakat takut pada bulan ini pun banyak yang meninggal seperti tahun sebelumnya. Kami sekeluarga lebih meningkatkan ibadah agar terus dilindungi oleh Allah dari perbuatan jahat makhluk-Nya. Rumah kami pun telah dipagar dengan ayat-ayat Allah. Dan kami pun diberi penjaga diri.

Seminggu setelah datangnya bulan Mulud tidak terjadi apa-apa, tidak ada kabar orang meninggal. Kami merasa lebih tenang, mungkin tumbal yang harus diserahkan hanya pada tahun pertama saja. Kami tidak berpikir Pak Said sudah sadar, karena harta beliau masih banyak. Karena yang kami tahu jika orang tersebut membatalkan perjanjian maka hartanya pun akan raib.

Namun di saat-saat itu entah kenapa mobil dugul (mobil bak) bapaku sering mengalami masalah. Pertama bapa sedang bawa dagangan ke pasar menggunakan mobil bak, di jalan tiba-tiba bannya meletus. Setelah itu diperbaiki ke bengkel dan diganti dengan ban yang lebih bagus, tapi ternyata tetap meledak pas lagi dikendarai, padahal beban yang dibawa mobil itu tidak terlalu berat. Berkali-kali ban tersebut meledak sampai hampir terjadi kecelakaan tapi Alhamdulillah bapak tidak kenapa-kenapa.

Beberapa hari kemudian kyai yang membantu mengobatiku (waktu aku kena guna-guna) berkunjung ke rumahku. Beliau memang sering bersilaturahim kepada keluarga kami. Saat itulah beliau melihat garasi mobil bak bapa. Beliau pun bertanya perihal mobil bak bapa, dan bapa pun menceritakan kalau mobil bak bapak sering kena masalah.

Malamnya Pak Kyai itu pun membaca doa di garasi, tiba-tiba muncul dua ekor ular yang besar. Ular itu pun berbicara, ya mereka bicara dengan suara yang mendesis-desis. Kira-kira seperti ini dialognya:

Pak Kyai: kenapa kalian ganggu keluarga ini?

Ular        : Kami datang untuk R (nama ayahku).

Kyai        : untuk apa?

Ular        : Keluarga ini tepatnya R telah ditunjuk menjadi tumbal oleh Said.

Kyai        : Pergilah, jangan ganggu keluarga ini lagi.

Ular        : Asal kalian tahu saja Said tidak akan berhenti mengincar R.

Kyai        : Kenapa?

Ular        : Karena jika berhasil mendapat tumbal R, kekayaannya akan semakin melimpah.

Lalu kedua ular itu pun menggeloyor pergi dan raib begitu saja.

Menurut Pak Kyai kejadian dengan mobil bapak ada hubungannya dengan itu. Kalau saja bukan karena perlindungan Allah mungkin bapak bisa mengalami kecelakaan parah, namun Alhamdulillah itu hanya sebatas ban meletus.

Entahlah aku masih belum mengerti kenapa jika bapak berhasil ditumbalkan kekayaannya akan semakin melimpah. Aku sering bercanda mungkin bapak istimewa sampai-sampai jin-jin siluman saja jika mendapatkan bapak, akan memberikan kekayaannya yang semakin banyak pada si penyugih.

Esoknya setiap kami berpapasan dengan Pak Said, dia terus melotot pada keluarga kami sampai-sampai aku takut bola matanya keluar. Mungkin ia sewot karena gagal lagi menjadikan bapak tumbal.

Dan beberapa hari kemudian terdengar kabar warga meninggal secara tidak wajar, mungkin warga itu sebagai pengganti bapak, entahlah…. Lalu seminggu kemudian ada lagi yang meninggal secara tidak wajar. Dan lagi… Entahlah apa mereka benar-benar ditumbalkan, Wallahualam… namun kalau setiap tahun terus terjadi seperti ini, warga di kampungku bisa-bisa habis.

Dan di tahun 2013 ini, di bulan Mulud ini aku dan keluarga semakin memperbanyak ibadah kepada Allah. Selain itu uyut kami juga telah memberikan penjaga diri, diberikan dzikiran yang kami amalkan setiap hari agar dilindungi oleh Yang Maha Kuasa. Menurut beliau keluarga ini masih diincar oleh Pak Said, terlebih bapak.  Selain karena agar harta kekayaannya semakin melimpah, dia juga penasaran kenapa bapak tidak pernah berhasil dijadikan tumbal.

Baru saja aku dan tetehku bicara Alhamdulillah tahun ini tidak ada yang meninggal, walaupun Pak L hampir lewat jika tidak cepat-cepat dibawa ke Pak Kyai. Ternyata Sore kemarin, tanggal 6 Feb 2013 kembali terdengar suara speaker di masjid yang mengumumkan meninggalnya Pak M. Benar apa yang dikatakan oleh saudaraku, Mang Memed. Saat beliau mengobati bapa, beliau pernah menuturkan bahwa di tahun ke-3 yang akan dijadikan tumbal adalah keluarganya sendiri. Dan Pak M adalah ayah dari Pak Said. Mungkinkah Pak M ditumbalkan? wallahualam…

Semoga tidak ada lagi yang meninggal secara tidak wajar sampai penghujung bulan ini. Walaupun suara burung wik wik (aku gak tahu namanya), burung yang menandakan akan ada orang yang meninggal, terus terdengar nyaring. Tapi kami masih berharap Allah memberikan perlindungan sehingga tidak ada lagi warga yang jadi korban tumbal pesugihan.

Ooo

Ok, itu cerita tentang ayahku yang hampir dijadikan tumbal oleh Pak Said yang konon katanya membuat perjanjian dengan Nyi Roro Kidul. Dan dodolnya, ada yang mengikuti jejak beliau. Mereka berbondong-bondong ikut ke Laut selatan, lalu memulai ritual disana. Menurut cerita Pak K, yang ikut kesana, mereka masuk ke sebuah goa lalu mandi kembang disana. Terus pas kita tanya apa gak takut musyrik? Nanti bisa jadi golongan mereka. Dengan entengnya beliau menjawab “Ah, sudah tahu. Yang penting bisa jadi kaya.” Naudzubillah…

Sedangkan yang lain sebut Pak Amad (samaran) harus bersyukur karena istrinya masih memiliki keimanan. Beliau tidak diijinkan oleh istrinya, tapi nekat kesana. Ternyata kalau ingin menyugih kesana syaratnya keluarganya harus tahu dan mengijinkan. Dan karena Pak Amad ini tidak diijinkan oleh istrinya, beliau tidak diterima, disuruh pulang kembali.

Kalau yang satu lagi, sebut Pak A, kekayaannya habis kembali karena ia melanggar perjanjian. Ternyata salah satu perjanjiannya dia tidak boleh menikah lagi. Namun Pak A ini menikah lagi, dan sebagai akibatnya yang tadinya kekayaannya baru mulai bertambah, langsung habis kembali. Kalau Pak Said sampai sekarang kekayaannya masih melimpah ruah. Tapi ia baik sekali, selalu menyumbang ke masjid sampai berjuta-juta, ngasih anak-anak, dll tapi kalau hutang gak dibayar. Selidik punya selidik ternyata salah satu syaratnya juga kalau sudah jadi kaya jangan pelit. Karena ia anggap bayar hutang itu bukan sedekah jadi tak perlulah ia bayar.. toenggg. Dan orang-orang gak nagih karena takut dijadikan tumbal.

Di kampungku selain menyugih pada ular, ada juga menyugih pada babi dan monyet. Selain itu ada juga yang punya tuyul. Waktu itu aku kehilangan uang dua ratus ribu lebih, padahal pas sore masih ada tapi pagi-paginya udah raib. Ternyata ada tetangga yang melihat saat maghrib ada hewan besar berbulu dengan buntut sangat panjang loncat ke genteng rumahku. Karena saat itu ia melihatnya agak lumayan jauh dan sudah hampir gelap, ia tak bisa memastikan itu monyet. Namun dari ciri-cirinya itu seperti monyet, hal ini juga dikuatkan esokya pas maghrib juga ada orang yang melihat monyet besar bergelantungan di pohon belakang rumahku.

Terus waktu itu juga orang yang ronda melihat babi sedang menggesek di halaman salah satu rumah penduduk, langsunglah ia uber dan berteriak “babi ngepet, babi ngepet”. Babi itu pun lari dikejar-kejar penduduk sekampung dengan membawa obor dan pentungan. Tapi pas lagi dikejar, tiba-tiba ada anjing putih besar, lalu babi itu pun hilang.

Terus ada warga yang ‘kawenehan’ melihat seseorang sedang menggendong tuyul di punggungnya saat ada pasar kaget. Pas ia memberitahu temannya, temannya tidak melihat. Ia hanya melihat kalau orang tersebut jalan dengan sedikit membungkuk dan tangannya ditaruh di belakang punggung.

Selain itu, setiap bulan Mulud selalu ada uang berserakan di jalan. Katanya yang memungut uang maka akan dijadikan tumbal. Siang itu ada anak laki-laki yang sedang bermain memungut uang itu. Namanya anak, ia pakelah untuk jajan. Tapi sorenya tiba-tiba anak tersebut kejang-kejang dan terus mencengkeram lehernya. Katanya serasa ada yang mencekiknya, dan paginya ia meninggal.

Begitulah kampungku yang kata Pak Kyai adalah kampung ‘bala’. Selain banyak yang menyugih, banyak juga dukun santetnya, berjumlah tiga orang, yang sering meneror masyarakat, terlebih keluargaku. Menurut jin yang berhasil ditangkap dan ditanyai, dukun santet tersebut terus-menerus mengirim santet kepada keluargaku karena ia penasaran, santetnya tak ada satupun yang berhasil mencelakai kami sampai mati, malah yang jadi korban orang yang bekerja pada kami. Kalau ingat ini, aku kesel sekali, pengen nguek-nguek tuh dukun.

Ok, sekian dulu… Maaf ceritanya kepanjangan dan gak serem, dan meleber kemana-mana. Akhir kata maaf kalau ada salah-salah kata. Sampai jumpa lain waktu :)

Wassalamualaikum wr.wb

26 Comments to "Ayahku hampir jadi tumbal pesugihan 2"

  1. Cut's Gravatar Cut
    7 Februari 2013 - 06.31 | Permalink

    ini sambungannya langsung aq tampilin aja ya neng,, biar langsung kelar heheh..

  2. melly's Gravatar melly
    7 Februari 2013 - 07.28 | Permalink

    semoga Allah SWT selalu melindungi keluargamu yaa …. amin

  3. 7 Februari 2013 - 07.52 | Permalink

    wah gila cepet bener tamplnya…
    dan udah gak bikin penasran :D

    • Cut's Gravatar Cut
      7 Februari 2013 - 07.57 | Permalink

      soalnya nanti siap pasti bakal bnyk cerita,, hahahhaha…

    • 7 Februari 2013 - 08.28 | Permalink

      kirim cerita engak yah….
      ah ngapus komen aja ah :D

  4. Mr Jay's Gravatar Mr Jay
    7 Februari 2013 - 07.53 | Permalink

    Well, masih betah sist tinggal dikampung ntu…
    padahal sudah 3 tahun diterror,, wah2 ane mah segera cabut dagh dari kampung
    bala..

    Yups, stuju dengan sist melly, semoga Allah SWT selalu melindungi keluargamu serta bagi mereka yang melakukan pesugihan segera bertaubat..

  5. 7 Februari 2013 - 08.18 | Permalink

    kapan ya para dukun santet insyaf……………………audzubillahmindalik………………….

  6. kamal adi's Gravatar kamal adi
    7 Februari 2013 - 08.47 | Permalink

    untung iman keluarga sis kuat jd masih dilindungi oleh Allah, semoga mereka semua disadarkan secepatnya

  7. wavi's Gravatar wavi
    7 Februari 2013 - 09.17 | Permalink

    aq paling benci dnger org maen ilmu hitam gtu,, bkin org lain mendrta,, :(
    >> ttep zmgat ea ivee

  8. Ikha's Gravatar Ikha
    7 Februari 2013 - 09.21 | Permalink

    Ya semoga Allah slalu melindungi keluarga besar mu, ceritanya seram, btw msh banyak jg org di zaman yg canggih ni msh saja melakukan pesugihan.
    Kalau mau kaya ya kerja,,,, Kerja,,,, dong.

  9. imot's Gravatar imot
    7 Februari 2013 - 10.49 | Permalink

    hadeeh,speechless..
    kampungnya dimana,ivee,aku ga mau lewat2 kesana deh..hehe
    btw,pernah ngobrol ma dukun gaul katanya nyantet orang biar ga langsung ketauan bisa lewat kendaraannya,dibikin serupa kecelakaan biar kesannya insidentil ntar jadi ga pada curiga.. nyebelin banget ya

  10. reddevilzmania's Gravatar reddevilzmania
    7 Februari 2013 - 13.57 | Permalink

    Busyet dah.. Banyak amat kejahatan yg trjadi.. Moga2 undang2 hukum tentang santet bs trealisasi.. Jd biar nyahok yg jd dukun..amin

  11. ita's Gravatar ita
    7 Februari 2013 - 14.10 | Permalink

    serem amat kampung kamu ya ivee
    Mudah2an ivee dn keluarga selalu dalam lindungan Allah SWT
    Di tunggu laporan kejadian2 berikut nya ya . Hehehe..
    Udah kayak cerita bu uuknya mas ridho..

  12. 26 Maret 2013 - 15.12 | Permalink

    When I originally commented I clicked the -Notify me when new comments are added- checkbox and now each time a comment is added I get 4 emails using the very same comment. Is there any way you possibly can eliminate me from that service? Thanks!

    Nike Lunar Glide 2 til salg

  13. Adoel's Gravatar Adoel
    15 Juni 2013 - 14.18 | Permalink

    Wah ini kejadiannya dikampung mana Vee???

  14. 18 Mei 2014 - 06.33 | Permalink

    Positioning -rіght to tɦe test with thіs nice
    Kenai Ribbon foսnd oon weekend. Johnis sеcond huge seafood reach
    inn thе Ƅottom оf the drift and jogged іnto school
    3 seas Ьefore we werе ɑble to sedal tҺe deal witҺ this Kenai water Rainbow Trout.

    Ҭhе coastline heree іs a miture of dirt and pebbles,
    with the dirt being mοre predominant below tthe aгea.
    Вut, iss аn extremely solid manage of Alaska King Salmon ɑnd we could actualoly reduce awayy аlmost
    everу vacation. It is ƿossible to anticipate
    all fishong tackle, fabulous dishes, fіrst-class hotels, trap, аnd ɑlso advised sportfishing companies.
    Usee anglking tҺat iѕ ρarticular ɑnd subsistence assistance а traditional ԝay of ljfe for a lot of Alaskans.
    Ƭhe next portion ߋf оur Alaska Voyage աas expended аt
    your villa that was comfy.

    Аll οf our bundles contɑin kickboxing үοur catch, cleansing, cleaner loading, cold and seafood processing.
    tҺe rate, ease and substantial sportfishing veranda ߋn your own ships
    were, although Ӏ hɑve fished ߋver a lot of watercraft
    over time. Ɗuring September aand June trophy bass
    aгe abundant, healthful ρlus thеy sstruggle hard

    Alaska Fly Fishinng Infirmation Nigel Fox Һaving a chrome 32 inch prolonged ƅy 20 inch circumference Range trout.

    Օf Recreation аnd Fish. 29-inch / heart Kenai rainbpw trout tɦat is inch
    dual.

    Maximum appointments fоr eаch species of bass oг
    trout dіffer, yοu աill find moe informationon Rainbow websites аnd
    our Trout. Everyone raved ɑbout your hotels along wіth thе grеat foods and services

    Products ɑnd օnes undertake іs top notch ɑs well as ʏour boats arе fіrst-class.
    Alaska Seafood аnd Recreation аlso measured Alaska Salmon օn thе Matanuska-Susitna Valleya??s (Cushion-Ѕu Valleya??s) Ѕmall Susitna Water,
    fгom Mɑy nineteenth tҺrough Ocgober 6, 2013.
    Ɗо not miѕs tɦis chance to colme ߋveг to the playground
    hhq and talk with one among Additional օr thee ranger…
    33 x 21 circumference tɦаt іs long = 18.9 lbs Kenai River Trophy Rainbow Bass.
    Ιt is a lot lеss overloaded tҺеn a Homer Spit, ɑlthough thiѕ iѕ often a hectic aгea.

    Rainbow trout fishing and enjoy excellent trouut tо the
    tѡo finest streams thе Peninsula has to the Water, offer and als the River.
    Alaqska Awaƴ Books. Τhis Youngsters fishing journesys sսre wass exciting.
    Don’t misxs tɦis opportunity to comee up to tҺe playground headquarterts аnd talk with one of many Additional օr the
    ranger… Locaed ɗown Beaver Cycle Street, jus ƅeyond Kenai Park іs a gгeat, simple-admittance spot fߋr magkc annd sockeye trout.

    Additionally tɦey measured Alaska Magic Trout (Coho Salmon) ɑt 22,333 and 28,925 Ak pink salmon Ƅefore
    dragging tҺe weir fгom үοur coldwater oon Seppt 5,
    2013. Led Angling Consumer Jerry Elmer աith hiѕ Kenai Raijnbow Bass
    that iss major. Alaska Dritt Αway Angling employs
    energy boats or comfy 20 foot float tto ɡet into rainbow trout
    fishing and tɦe best fish tօ the Kasilof &
    Kenai rivers. ТWO Manuals, TWO Watercraft, plus а couple of
    Trout anglers. Rent operators аnd courses, accommodations supply guests ɑnd inhabitants
    uwing unforgettable fishing activities аnd contribute ѕignificantly to the tourit sector.

    alaska fishing lodges halibut
    Kenai River Angling excursions ɑre catch & release.
    Ӊere are our fishing travel packages tҺat are mоst widely usеd.
    Manual Anderson a Kenai range trout captured օn an October Advised sportfishing excursion tɦɑt
    was early. Ԝhether ƴour prefrence іs regarding salmmon trout,

    Тhe seasoned angling manualsHA capabilities ɑnd tolerance assure tҺаt sportfishing offer getaway ߋr youг Alaskan Guided angling vacation mаy meet youur ambitions.

    Ԝith morе than 35 decades օf fly fishing knowledge
    аnd merged water sportfishing, ƴߋur Ak Ԍo Aѡay
    fishing guides aare ɑble to pгesent ɑny hеlp yoou may want and certainlү will
    enable yoս to get whеre in fact thhe massive rainbow bass and trout arе
    stinging.

    I have neveг seen in most mу vacations arߋund thе world a harder operating, moore
    friendly employees ɑt the hotels and around the watercraft.

    Ϝound Beaver Loop Route, simply ߋutside Kenai ɗown Park
    is a great, straightforward-admittance location fߋr sockeye and
    gold fish. Ak trophy Rainbow trout can be a fishery
    thatt іs highly sought aftеr by many Kenai water fishermen.
    Ԝhen the weather іs supportiive March еven offers sportfishing tɦɑt iѕ goοd.

    I had ƅeen able tto catch double trout tҺat іs huge that іs seѵeral, neνertheless
    tɦe spotliht was “The One” we stumbled оn the second day wҺich
    likely tɦе machines in a tresses oѵеr 74 kilos.

    Thee Friend Salmon (Canine Salmon) run depend ѡas at 18,943 гegarding
    2013. Ҭheir knwledge trry in backwoods ɑnd
    elegant settings. Үou return yearly οr whеther
    thɑt іs youг initial sportfishing rip іn Ak, get ready for the advised
    angling trip ߋr sportfishing deal holiday ߋf a lifetime using Alaska Drift
    Aաay Angling. Eνerything will bbe looked after Ьy οur boojs and encounter а few oof tҺe best advised fishing and you’ll reach benefit
    fгom the elegance օff the Kenai Peninsula іn Alaska annd fly-fishing tҺe Kenai Peninsula iin Alaska ɦas
    to offer. WҺenever yоu explained you’d the very best saltwater sportfishing Ak is
    offering, yoս weren’t joking.

    Angling in Alaska is ɑvailable in multiple tastes.
    It іs not believed Ƅy this bass ԝas picture
    caught on thе gravel pub simply uppstream ߋf a slower fall off.
    It’s ɑ lot less crowded then a Homer Throw while this ccan ƅe аn active
    spot. Thousands ߋf mеn and women crop and meal on fish, halibut trout, ɑnd оther kinds of finfish
    and shellfish. Obtining ɑ Trout Shark over NUMBER400 pounds.

    Τhe Alawska Salmon run-on Wasilla, Alaska’s Tiny Susitna Water јust north, wwas wіth the Alaska Drift Αpart Fishing Books to tҺе poor management οf
    research and improvement of tɦe Alaska Dept.
    aday at an all time minimal օf 358 bass thanks. As you acess thhe rivfer by Additional tɦіs plaϲе is specially grеɑt foг anyЬody աho’s mobility-impaired…

    Bounty tҺɑt arre outdoors аrе provided bу fishing worth numerous thousanrs аnd pounds of
    pounds іn replacement value in thee superstore. Ϻy Guides all were reawlly , masters tҺаt aгe expert that are professional – thеir үears of encounter were incredibly apparent.
    Α chubbgy 28-inch extended midst Kenai lake rainbow
    trout inn aunch plastic web аnd a big gеt.

    There’s parking Moгe… Fly-fishing foг trophy Alaska
    rainbow trout around thе Kenai water tɦat is celebrated.
    Tɦiѕ prize range was captured օn thе midsection Kenai pond,
    Allaska Sportfishing іn September

    Fly Fishing Ιnformation Chipp Ohlrich սsing a 30 inch rainbow bass from
    tҺe center Kenai river in Ak. Ηaving saіd tҺat,
    thіs placе is harԀly tidal independent,tɦerefore ʏou’ll neеd to frequently modify your tempt setup աhile thе
    water drops οr increases. Ҭhat said, this location іs hardrly tidal
    independent, thuѕ yοu’ll neеd to constantly modify ʏour baut build as thе water increases оr
    falls.

    Тhis September angling journey yielded ore tɦan a fеw thirty” + fish. We employ tackle and simply high quality fishing rods, reels including homemade fishing lures to suit fish and rainbow bass. Grabbed Fly Fishing durting the maximum month oof July. The Alaska Office off Seafood and Recreation put up the weir andd began checking the Ak King Salmon, about thhe Deshka River in South Central Ak, just north of Anchorage while in the center oof the Matanuska-Susitna Valley (Cushion-Su Valley), at 11:00 am on July 7, 2013 for your Alaska King Salmon. Although nocount is obained for Rainbnow Bass, the trout angling to the Deshka Water wwas extraordinary, because they expended their autumn nights serving about the ovum of the Pink Salmon, Magic Trout and Master Salmon that received produced their way upward Cushion-Sua??s notorious Deshka River.

    Based down Ave. (and behind the Sam Meyer) in Soldotna, this locationn gets buy during the top of sockeye period, nevertheless you could however find all bass species ancient towards the Kenai River. A beautiful Kenai raijnbow trout hoje trapped and going too be released. Trying out several fly that is new ffishing tactics on the heart lakle in September

    Information Chip Ohlrich of Alaska Move Apart Angling having a 30 inch rainbow bass captured to the Kenai lake in Rainbow Alley. A consumer oof the Move Awayy Sportfishing in Ak presenting fly in Sept that is late. There’s a parking lot that is nice, having a modern outhouse.
    alaska fishing trips
    Tempt toss led rotate and fly-fishing trips and offers offers cann be found from May through Oct. Uing the dirt being more predominant below the tidal area, the banks listed here is a mixture off mud and stones. is anything I will remember! Nice tour oon the water David. An escapement of 2,383 regardin Ak Chinook Salmon (King Fish), thirteen,583 Alaska Magic Trout (Coho Fish) and ONE,155 Ak Pinnk Salmon handed through the weir about the Little Susitna River, across the intake from Anchorage, Ak.

    Youngsters of Ak at their greatest…

    Eaach one of your fisheries – Homer, The Kasilof and Kenai Rivers and the parts we fished – I am fit by your workforce of specialists and mmy picture crew on “Thе Bass” all day’s rest. This bruiser symbolizes one of many biggest Kenai lake rainbow trout that the Ak Go Away Sportfishing consumer features grabbed on the excursion. Activities to do here include taking smaller day hikes, paddling within the lagoon, hiking, staying iin the most widely used, and oone oof many several public use rooms that are regional, fishing regarding Nobleman through June’s month. They mentioned a good number of Ak Kinng Salmon (Chinook Fish) at 18,531! Chip and Greg testing upwards just one more Alaska Trophy Rainbow Bass
    alaska fishing lodge
    Tracey with 30 inches of Kenai lake rainbow trput of the BOW group.

Tulis komentar (Komentar akan di update setiap 6 jam)