12 Sosok Makhluk “Urban Legend” Dunia

Hai hai… tadi kebetulan pas lagi buka-buka mbah google, saya nemu ini disebuah blog ( http://bagusseven.blogspot.com/2012/07/sosok-makhluk-urban-legend-dunia.html ) saya pikir saya mau sedikit berbagi lagi. :)

 1. Spring Heeled Jack
Inggris Raya, sepertinya merupakan sebuah wilayah di benua Eropa yang memiliki banyak cerita baik itu berupa mitos maupun legenda rakyat, yang dituturkan secara temurun. Salah satu legenda yang popular di dataran Inggris Raya adalah Spring Heeled Jack, digambarkan sosoknya tubuhnya tinggi-gempal, matanya merah dan selalu menggunakan jubah hitam. Untuk kali pertamanya Spring Heeled Jack diberitakan pada tahun 1837, dan penampakan kemudian terjadi di sekitaran Inggris, dari London hingga Sheffield dan Liverpool, untuk selanjutnya Skotlandia. Spring Heeled Jack dikenal dengan kemampuan melompat dan menangkapnya yang luar biasa. Penampilan dan kemampuannya itulah yang menjadi momok menakutkan dalam sebuah legenda tutur dan mitos, masyarakat dataran Inggris Raya.
Bahkan laporan pers pun turut menyebarkan sosok urban legend ini di akhir abad ke 19, dan dikabarkan masih melakukan penampakan hingga abad ke 20, ketika dilaporkan terlihat di Praha dan Texas. Beberapa teori paranormal mengatakan bahwa sosok Spring Heeled Jack adalah sesosok iblis dan adapula yang menyatakan mahluk luar bumi. Namun seiring dengan perdebatan, sosoknya menjadi lebih menakutkan dan keji, seiring dengan mereka yang mengaguminya. Salah satunya adalah seorang bangsawan muda Irlandia, Henry Beresford, Bangsawan garis ketiga dari Waterford. Namun di dalam ketidakpastian, Spring Heeled Jack tetap hidup sebagai bayangan urban legend.
2. Vampir di Pemakaman Highgate
Sosok urban legend ini ramai dikabarkan bergentayangan disekitaran London Highgate Cemetery di akhir era 70’an. Kawasan tersebut merupakan pemakaman yang sudah lama tidak dipakai dan diabaikan. Ditempat tersebut juga beberapa orang termasuk Sean Mancester dan David Farrant, melihat sosok bayangan asing.
Pada bulan Desember 1969, David Farrant mengatakan bahwa dirinya telah menyaksikan sesok bayangan mahluk berwarna abu-abu di pemakaman tersebut. Pernyataan David tersebut pun dibenarkan oleh penduduk sekitar Pemakaman London Highgate. Sosok bayangan tersebut semakin menguat eksistensinya ketika Sean Manchester mengatakan kepada Hampstead dan Highgate Express, bahwa sesosok vampire abadi bersemayam di pemakaman tersebut, sejak abad ke 18. Semenjak itulah sosok vampir tersebut menjadi urban legend seperti terlahir.
Sean bahkan mengatakan vampir tersebut diagung-agungkan oleh para pemuja setan, sehingga atas dasar itu tubuhnya harus ditusuk, dipenggal dan dibakar.  Sean dan David pun seperti saling membenarkan cerita versi masing-masing, hingga puncaknya yaitu pada 13 Maret tahun 1970, seorang pemburu vampir melihat sekumpulan orang berjalan memasuki kawasan pemakaman London Highgate, bahkan polisi pun berusaha menghadang mereka. Bahkan fenomena menjadi semakin aneh, David dalam websitenya selalu memiliki pemahaman  yang berlawanan mengenai vampir sebagai fenomena supranatural yang terjadi di Highgate. David ditangkap oleh polisi pada Agustus 1970 atas kepemilikan salib dan kayu pancang.
Sementara Sean bertindak lebih antisipatif dan tradisional, ia menaruh bawang putih dan air suci di dalam sebuah katakom yang ia klaim hasil penelusuran seorang gadis yang berjalan dalam tidurnya. Ia pun merencanakan untuk melakukan penusukan dengan kayu pancang terhadap salah satu jasad, namun dihalang-halangi oleh temannya.
Aktifitas aneh yang dilakukan oleh Sean dan David ini telah menjadikan sosok vampir itu hidup dalam sebuah budaya tutur, dan menjadi legenda masyarakat setempat.
3.Bloody Mary
Walaupun identitas Bloody Mary yang sebenarnya masih belum terungkap, namun sosok ini telah dihubungkan secara individu, baik dari seorang ibu yang bunuh diri setelah membunuh anaknya, hingga ke nama Mary Worth yang merupakan korban dari eksekusi Salem—pengadilan yang memburu para penyihir untuk dibunuh. Bahkan Bloody Mary pun diduga sebagai sosok Ratu Mary yang terkenal selalu menderita keguguran pada kandungannya dan melakukan sejumlah pembunuhan.
4.St. Mark’s Eve
Sosoknya diabadikan di dalam sebuah syair John Keats, St. Mark’s Eve, pada 24 April, beberapa hari sebelum perayaan hari St. Mark Sang Pengabar. Namun sosoknya hidup dalam sebuah budaya tutur masyarakat Inggris dari abad ke 17 hingga abad ke 18. Sesosok bayangan manusia yang selalu terlihat duduk  selama jam 11 malam hingga jam satu dini hari di sebuah beranda gereja di sebuah desa, jika terjadi demikian maka dipastikan seseorang akan meninggal, atau akan ada orang yang meninggal.
Namun cerita urban ini lebih terasa astmosfernya di pedesaan bagian utara dan barat di Inggris, dikatakan bahwa hantu seseorang yang akan meninggal terlebih dahulu akan memasuki gereja. Di dalam gereja hantu tersebut ia akan mempersiapkan kematiannya yang akan datang. Versi cerita lainnya bahkan lebih seram lagi, sosok tersebut digambarkan tidak memiliki kepala, tubuhnya busuk, seperti zombie. Di Yorkshire Utara, tempat cerita urban tersebut diyakini, jika mahluk tersebut tertidur ketika mengawasi korbannya, maka ia akan mati pula dalam jangka waktu yang tidak lama.
5.Doppelgängers
Doppelgänger sering dianggap sebagai hantu yang suka menyerupai sehingga akan selalu menjadi kembaran manusia hidup yang disukainya. Kehadirannya selalu dianggap pertanda buruk dan kesialan, entah itu kematian ataupun kejadian buruk. Selalu terlihat menyerupai dan persis ini, mengingatkan doppelgänger sebagai sebuah sosok yang hidup dalam mitos mulai masyarakat Mesir kuno hingga bangsa Utara (Viking), namun kemunculan sosoknya yang mengikuti modernisasi zaman, menjadikan  Doppelgänger sebagai sosok yang hidup dalam cerita urban, dan menjadikan acara berkemah semakin menarik. Kehadiran Doppelgänger pun dilihat sebagai sosok teman dekat, anggota keluarga, yang merasa iri terhadap sosok yang dijiplaknya, kehadirannya pun merupakan peringatan bagi mereka yang mempercayainya.
 
6. Black Dog
Black Dog (Anjing Hitam) atau yang versi sangarnya lagi dinamai Hellhound (Anjing Neraka) adalah nama sesosok makhluk supernatural yang nokturnal, atau aktif di malam hari. Makhluk ini berwujud anjing atau serigala berwarna hitam dan sangat besar -katanya sih bisa sampai sebesar sapi gitu- dan sering dihubungkan dengan Iblis atau Sosok kematian. Makhluk ini muncul di tempat gelap berbadai atau tempat eksekusi dan peperangan, atau di jalan perempatan -yang menyerupai salib-.
7. Babysitter and The Man Upstair
Babysitter and The Man Upstair adalah legenda urban tentang seorang gadis remaja yang sedang menjaga anak-anak di rumah sendirian, kemudian mendapat telepon dari orang yang tidak dikenal yang kira2 bunyinya “Sudahkah kamu memeriksa anak-anakmu?”. Dan setelah dia memeriksa anak-anaknya, ternyata…. Ane gak mw bilang sekarang, klo pensaran tonton aja film When A Stranger Calls klo mw, ane jg blm nonton soalnya….
[QUOTE]Tapi ane share cerita urban yg asli, jadi ada seorang gadis remaja yang sedang dimintai untuk menjaga anak kecil, karena malas dia meletakkan anak kecil di kamar di lantai dua tempat tinggalnya. Kemudian ketika sedang bersantai dia mendengar suara tawa orang di lantai dua, merasa aneh dia bersiap untuk memeriksa suara itu, tapi teleponnya berdering. Ketika diangkat terdengar suara “Sudahkah kamu memeriksa Anakmu di lantai dua?” Suara ini terdengar seperti mengejek -ejekan berdarah dingin-, gadis ini ketakutan, ia pun menelepon polisi. Setelah polisi tiba, Kepala Polisi segera menyuruh gadis ini keluar rumah karena sumber telepon berasal dari Lantai Dua Rumahnya! Kepala Polisi segera mengirim orang ke lantai dua hanya untuk menemukan bahwa Anak Kecil itu sudah dibunuh, dan di luar rumah gadis itu melihat bayangan orang membawa kampak yang berlumuran darah.
8. BunnyMan
Bunny Man atau Manusia Kelinci adalah julukan untuk pembunuh misterius di Fairfax County, Virginia, Amerika Serikat. Bunny Man tampak sebagai Seorang Pria berkostum Kelinci, sampai sekarang belum ada yang berCatch The Bunny Man”
 
9. Acheri
Orang Indian Amerika memiliki cerita tentang Acheri, roh jahat berwujud gadis kecil yang turun dari bukit ke pemukiman untuk menebar kemalangan atau penyakit pada anak-anak, dan membawa kematian pada orang tua dan orang sakit.
10. La Planchada
La Planchada adalah Hantu Perawat dalam kepercayaan Meksiko yang biasa menghantui rumah sakit di mana dia dibunuh dengan dirantai dan dikunci di suatu ruangan. Dia sering terlihat membawa rantai untuk mencekik korbannya.
11. Jack-in-Iron
Jack-in-Iron adalah sosok misterius yang menghantui jalan sepi di Yorkshire, Inggris. Diceritakan dia adalah sosok raksasa yang mengenakan rantai di tubuhnya dan memakai topeng besi.
12. Black Lady of Bradley Woods
Black Lady of Bradley Woods adalah hantu wanita yang menghantui hutan di dekat Desa Bradley, Inggris. Dikabarkan dia adalah sesosok wanita muda cantik yang mengenakan gaun hitam dan tudung kepala hitam -kayak yang di film The Woman In Black gitu lah-. Di balik wajah cantiknya dia selalu terlihat pucat, sedih, dan murung.

18 Comments to "12 Sosok Makhluk “Urban Legend” Dunia"

  1. Rezza's Gravatar Rezza
    28 Februari 2013 - 12.18 | Permalink

    Komen dulu baru baca (*Yess..)

    pertama komen..

    • Rezza's Gravatar Rezza
      28 Februari 2013 - 12.25 | Permalink

      kalo selamat hadiahnya mana hihihiii

    • r3zza's Gravatar r3zza
      28 Februari 2013 - 14.22 | Permalink

      selamat anda belum beruntung hahaa

  2. 28 Februari 2013 - 12.21 | Permalink

    Wow

  3. cabe_pedas's Gravatar cabe_pedas
    28 Februari 2013 - 13.40 | Permalink

    Hantu bungkus a.k.a pocong mana nih?

  4. yanty's Gravatar yanty
    28 Februari 2013 - 14.09 | Permalink

    SiP

  5. christmansyah's Gravatar christmansyah
    28 Februari 2013 - 14.34 | Permalink

    infonya menarik ada gmbr nya tpi kok miss.kunti n friends gk ikut? Hehehe :p,
    klo aku udh pernah lihat when a stranger call bgi yg belum liat di harap liat nya malem2 n siap2 jntung.

  6. aldan2271's Gravatar aldan2271
    28 Februari 2013 - 17.20 | Permalink

    Kenapa yang Urban Legend tentang pembunuhan misterius (Man Upstairs,Bunny Man) cuman 2,yang Human can lick too,Clown Statue,Bloody Hook, Killer in the back seat, Don’t turn off the light, Red door dll gak ada?
    But Overall, Nice! *alah, kayak juri aja”

  7. imot's Gravatar imot
    1 Maret 2013 - 17.51 | Permalink

    dit (editor), gimana ya caranya biar ga mule mulu eufori hepi2an saling menempati komen pertama
    yang atu sembuh yg laen muncul.. ><

    • Cut's Gravatar Cut
      1 Maret 2013 - 18.39 | Permalink

      biar, jd pd semangat,, tp klo komen pertama nya tidak nyambung ke cerita, ya di anggap spam…
      Hehehee…

  8. hendrararadewa's Gravatar hendrararadewa
    29 Maret 2013 - 10.47 | Permalink

    Udah pernah liat filmx kk,, n udh diputer berulang2 kali ϑi trans tv,, bagus bgt,, apalagi nontonx brg2 hehehe, walaupun bukan setan tpi seru n menegangkan Чªª

  9. Fik's Gravatar Fik
    11 Mei 2013 - 13.34 | Permalink

    no. 10 gk da gambarnya ya, cuma kotak kosong …

Tulis komentar (Komentar akan di update setiap 6 jam)