Misteri Menara Saidah

images

Assalammualaikum MG’s ^^ B891212 disini membawa sebuah kisah yang menurutku sangat menarik. Jujur saja aku penasaran dengan tempat satu ini. Maaf kalau tulisan yang pertama ini berantakan dan kepanjangan, maklum masih sangat awam menulis di web Mistik tercinta ini ^^ langsung saja yaah…

———-

Apa kalian pernah mendengar salah satu tempat yang ‘katanya’ angker alias menyeramkan di seputaran Jakarta ini?? bagi yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya pasti akrab dengan beberapa tempat Mistis disini. Dari mulai Rumah Pondok Indah, Rumah Kentang, Terowongan Cassablanca, Jembatan Ancol, Kuburan Jeruk Purut, Lintasan Kereta Api Bintaro dan lainnya. hmmm… bahkan orang yang bukan tinggal di Jakarta pun pasti familiar dengan tempat-tempat itu, apalagi semuanya mayoritas sudah difilmkan ^^

Tapi, bukan tempat-tempat itu yang mau kubahas di tulisan ini. Tapi salah satu tempat yang ‘katanya’ HORROR di sekitaran Cawang Jakarta Timur tepatnya di jalan MT Haryono – Jakarta Timur. Yup, ini dia si Gedung Gagah yang cantik tapi menyimpan kisah misteri:

MENARA SAIDAH

Jujur, aku baru tahu kalau Menara Saidah ini ternyata kosong melompong tak berhuni itu waktu baca sebuah buku misteri kisah nyata sekitaran tahun 2012 >,< aku sudah tahu soal Menara Saidah ini jauh-jauh hari, bahkan dulu sekitaran tahun 2005-2006 aku sering lewat sana dan itu gedung masih ramai.

Setelah tahu kalau Gedung itu sekarang dibiarkan kosong begitu saja, muncul tanda tanya besar di kepalaku.

Kenapa yah gedung yang gagah berdiri ditengah Jakarta kok bisa tidak terpakai begitu? apalagi posisinya sangat strategis?

Kenapa yah gedung yang ketika awal di buat ini sempat ramai oleh penyewa, tapi sekarang malah dibiarkan kosong bertahun-tahun?

AKU PENASARAN SEKALI DENGAN MENARA SAIDAH!

Gedung yang bergaya Romawi dan memiliki 28 lantai, pemiliknya bernama Saidah Abu Bakar. Gedung ini di tutup pada tahun 2007. banyak alasan yang beredar di luaran soal dikosongkannya gedung ini. beberapa alasan yang dirangkum seperti ini:

1. Gedung Miring

Kata para ahli letak gedung ini makin lama makin miring, karena membahayakan akhirnya gedung dikosongkan.

2. Lift berjalan Lambat

Ada juga yang bilang banyak penyewa yang ‘kabur’ dan memilih pindah dari gedung ini karena lift sangat lambat. jelas ini mengganggu aktifitas para karyawan. sebenarnya lift ini sudah sering kali diperbaiki, tapi entahlah kenapa jalannya tetap aja lelet kayak keong. kalau menurut kacamata mistis, jalan lift yang lama karena banyak makhluk halus yang menunggui lift, sehingga lift menjadi berat. banyak juga cerita yang beredar jika di dalam lift ini ada sesosok makhluk halus berukuran sangat besar dan membuat lift ini berjalan lama.

3. Sarang Hantu?

Nah, banyak juga cerita yang beredar nih, menurut orang-orang yang pernah mengalaminya, katanya sih Gedung ini banyak hantunya >,< banyak yang di ganggu oleh mereka dari mulai karyawan sampai satpam penjaga gedung, bahkan ada juga yang hanya lewat sana dan mendapat pengalaman mistis.

tempat-tempat paling horor di gedung ini ada di lantai 14 dan di lift. menurut cerita dari satpam yang jaga malam sebelum gedung di tutup, mereka sering dikerjain dengan sesosok perempuan yang mengaku mau menjemput temannya yang lembur, tapi begitu diantar ke lantai 14, wanita itu hilang tanpa jejak.

ada juga dari cerita orang yang hanya lewat, setelah gedung di tutup, ada yang pernah melihat lampu menyala secara bergantian dan berkelebatan bayangan putih di salah satu lantai.

karena itu banyak satpam yang ngga mau jaga malam, karena takut dengan para Makhluk Halusnya, tapi kalau sekarang aku kurang tahu apa gedung ini masih di jaga oleh satpam?

Seminggu lalu aku kebetulan lewat Gedung itu, dari tol Cawang menuju Sudirman, jelas sekali terlihat Gedung itu sama sekali tidak terawat, bahkan aku perhatikan benar-benar dari tol (karena kondisi yang macet jadi mobil yang kutumpangi jalannya lambat) kaca-kaca gedungnya sudah banyak yang pecah! bahaya sekali jika menimpa orang yang jalan dibawahnya.

Nah sekarang setelah kosong, belum ada tindakan apa-apa dari sang pemilik gedung, karena tiap kali mau dijual, gedung ini ngga pernah laku, orang selalu saja batal membelinya. Menurutku, Jika memang gedung ini miring dan tidak terpakai, sebaiknya cepat-cepat dirobohkan saja, karena jujur sangat membahayakan, aku membayangkan kalau gedung itu tiba-tiba rubuh karena strukturnya yang miring bak menara pisa. apalagi dibelakang gedung ada pemukiman dan di depannya jalan besar. semoga jangan sampai kejadian deh. amin….

sekian dulu cerita ku tentang Menara Saidah, maaf jika tidak seram. karena aku hanya ingin berbagi hal ini sama MG’s semuanya, karena jujur aku penasaran dengan gedung ini >,< jika ada informasi / kalimat yang salah mohon dikoreksi. dan jika ada yang punya pengalaman mistis tentang Menara Saidah bisa sharing di komen ^^

Wassalam,

Note: Cerita dari beberapa sumber di google

 

56 Comments to "Misteri Menara Saidah"

  1. Ag. Tjandra J.'s Gravatar Ag. Tjandra J.
    4 April 2013 - 15.07 | Permalink

    Selamat datang dan selamat bergabung… info yang menarik. Trima kasih :)

    • uly's Gravatar uly
      14 Mei 2013 - 14.19 | Permalink

      hy b891212..
      slm kenal,
      gw uli. gw tertarik bgt sm keadaan menara saidah yg skrg, dl wkt pertama kali gedung itu dibangun,sungguh sgt menarik perhatian gw,smpe gw pengen bgt krj dsna nantinya. tp syg,sblm gw smpet msk ke menara saidah itu gw udh pindah ke makassar. tp skrg gw udh di jkt lg. dan kaget plus penasaran bgt pas liat gedung yg gw suka bgt sm interiornya itu skrg tanpa penghuni dan ga ke urus sm skali..to the point ajja, gw pengen bgt bs ke sna tp klo ada tmn,hehehe..ada yg berani temenin gw gak?

  2. cayawz's Gravatar cayawz
    4 April 2013 - 15.12 | Permalink

    bagus :-D

    • andri syaban's Gravatar andri syaban
      4 April 2013 - 15.28 | Permalink

      10 menit dari tempat tinggal saya.

      Makasih buat info dan ceritanya.

  3. ridho's Gravatar ridho
    4 April 2013 - 15.19 | Permalink

    kangen sama cayaws n dewi aku.. mayang juga.. hohohoho..

    nice mbak.. boleh saran?? mending ngetiknya lewat word dulu terus di copas biar paragrafnya tertata rapih.. tapi overall nice observation..

  4. n4rut0's Gravatar n4rut0
    4 April 2013 - 15.24 | Permalink

    aku pernah ngelewati tuh bangunan,,,tahun 2012
    waktu training di jakarta
    aku pikir ada penghuninya( karyawan )
    ternyata kosong
    soalnya pas aku lewat,kyk rame banget disana

    • andri syaban's Gravatar andri syaban
      4 April 2013 - 15.32 | Permalink

      Ramenya cuma di depan/luarnya saja mas Naruto,soalnya di bawahnya kan ada stasiun kereta Cawang.

  5. cumik's Gravatar cumik
    4 April 2013 - 15.46 | Permalink

    wooow… keren seperti menara pizza,jadi tidak perlu jauh jauh ke itali,di jkt udh ada

  6. wahyu na's Gravatar wahyu na
    4 April 2013 - 16.06 | Permalink

    Mmm… Emg knp gedung’a bsa miring? Ada yg narik dr samping?
    Btw info yg bgus.

  7. 4 April 2013 - 16.27 | Permalink

    Setahunya w pernah ke situ pas rame dan gk penampakan

  8. edoardo's Gravatar edoardo
    4 April 2013 - 16.34 | Permalink

    ah yg bener mbak…. saya sering dekor pelaminan disana tengah malam, bahkan ampe pagi, naik turun lift bawa barang, kok nggak pernah liat penampakan? biasa aja tuh…..
    nggak ada yg aneh ….. mbak aja yg penakut kali jadi critanya dilebihkan , ….. lebai he he he ……

  9. mgj's Gravatar mgj
    4 April 2013 - 17.05 | Permalink

    Iya aku juga denger tuh cerita menara saidah ini…

    Mungkin mas edoaurdo lagi sial aja kali jadi ga ketemu. Mungkin lain kali dekor malem2 disana bisa ketemu mas, sekalian ajak kenalan biar akrab :P

  10. ita's Gravatar ita
    4 April 2013 - 17.30 | Permalink

    ceritanya seru !!
    Saya suka saya suka. .

  11. audrey's Gravatar audrey
    4 April 2013 - 20.52 | Permalink

    Saidah Abu Bakar pemilik menara saidah mertuanya ineke koesherawati kan?

    • imot's Gravatar imot
      5 April 2013 - 18.58 | Permalink

      oowhh…
      nice info, tapi ga pengen ngelewati deh

  12. 5 April 2013 - 01.04 | Permalink

    pdhl sktr 3thn yg lalu sblm sy kuliah di luar kota sy pgen bgd lho bs ngadain wedding di menara ini suatu hr nanti tp gk nyangka bisa jd bgtu skrg
    gk jd deh wedding di situ ntar ‘tamu’nya beda, lagi
    perlu perhatian jg tuh dr pemdanya mngingat kondisinya udh bgtu kasian wrga skitar dan org yg lewat situ

  13. kamal adi's Gravatar kamal adi
    5 April 2013 - 06.20 | Permalink

    info yg bagus sis, padahal sering lewat tp ga pernah tahu soal kisah mistisnya tuh gedung

  14. pabek's Gravatar pabek
    9 April 2013 - 14.54 | Permalink

    kita end april mau Jalan jalan ke gedung ini :D
    kalo mau ikut
    email aja ke nuhagung018@gmail.com
    :)

    • Hardiansyah's Gravatar Hardiansyah
      9 April 2013 - 15.18 | Permalink

      yu brangkat

    • sasmito.wahyu@yahoo.com's Gravatar sasmito.wahyu@yahoo.com
      2 September 2013 - 08.47 | Permalink

      kapan lagi mau jalan2 misteri?

  15. 9 April 2013 - 15.32 | Permalink

    Berangkatin lah.. ane mikut :D

  16. pabek's Gravatar pabek
    9 April 2013 - 15.56 | Permalink

    ayooooo :D

  17. sigitstrife's Gravatar sigitstrife
    22 April 2013 - 18.40 | Permalink

    ah,aku gk ikut2an lah…

  18. Nisa's Gravatar Nisa
    1 Mei 2013 - 08.03 | Permalink

    ªƙʊ. Ikut !!!!! Soalna penasaran ß⌣ªª⌣ªªÑgêt ma ni gedung

  19. ayu's Gravatar ayu
    2 Mei 2013 - 11.46 | Permalink

    abis liat menara ini tidurnya jadi kebayang :(

  20. ayu's Gravatar ayu
    2 Mei 2013 - 11.48 | Permalink

    abis liat menara ini tidurnya jadi kebayang:(

  21. 2 Mei 2013 - 14.04 | Permalink

    menakutkan..

  22. 8 Mei 2013 - 13.46 | Permalink

    i really i’m 2 day diet japan lingzhi anxious to get the body weight off i tried 2 day diet japan lingzhi superslim pomegranite capsules and lost in relation to 20 2 day diet japan lingzhi lbs but gained it to come back.

  23. chika's Gravatar chika
    13 Mei 2013 - 13.20 | Permalink

    dulu itu tempat main saya lho hehe.. sekitar thn 2005 an tp emang dl msih rame bgt masih ada aktifitas di gedung itu tp skrg memang benar udah berubah drastis, gedung itu sudah menjadi tua, kosong dan sgt angker.

  24. 14 Mei 2013 - 09.46 | Permalink

    Info yang menarik sis..aqu baru tau kalo ternyata menara saidah itu dah lama dikosongkan. Gedungnya terlihat elegan

  25. 14 Mei 2013 - 13.48 | Permalink

    ini sangat lucu, sebab pertama kali saya melihat dan memperhatikan gedung ini adalah ketika saya pertama kali kuliah di bilangan Sudirman. setiap hari harus melewati macet, sehingga memperhatikannya.
    jujur saya, sekali saya melihatnya, hal terbersit ialah “Gedung Iblis”! mengapa?
    sebab arsitekturnya yang bukanlah tentang gaya “Romawi”, melainkan gaya penyembahan berhala dari berbagai daerah di dunia sejak zaman dahulu kala!
    Pernahkah kalian menyadari, betapa banyak bangsa di bumi ini menyembah matahari sebagai dewa mereka? ya! Matahari! fokus gedung ini ialah pemujaan kepada matahari, yang telah dipelopori oleh iblis. lihatlah gambaran segitiga dan bulatan di dalamnya pada sisi depan menara ini. maka tak heran jika gedung ini amat sepi. saya yakin tempat ini pastilah sering menjadi tempat di mana terjadi kegiatan penyembahan berhala oleh kaum pemuja setan.
    saran saya: berhati2lah di dalam merancang, sebab rancangan anda mungkin memiliki unsur iblis.

  26. Tomy's Gravatar Tomy
    15 Mei 2013 - 12.08 | Permalink

    Kantorku dulu di gedung ini, yang aku tau saat hendak masuk ke dalam, di depan lobi kita disambut sama beberapa pilar yang menyanggah segitiga diatasnya. setelah masuk ke dalam, ada kolam yang enggak besar dan ditengahnya ada air mancur. Ada beberapa patung bergaya romawi. Entah apa arti arsitektur ini, aku gak paham ??!! Aku dulu gak sadar kalo gedung ini miring, maklum waktu itu gedung masih ramai. Di puncak paling atas yang bentuknya seperti emas monas itu, adalah ruang kosong dan ada kabel2 mungkin instalasi listrik, yang dikiri kanan dindingnya kaca semua. itu yang saya tau..

  27. Aloel SR's Gravatar Aloel SR
    27 Mei 2013 - 11.11 | Permalink

    jaraknya ±1,5 km dari rumah gue tuh, kliatan jelas dr atas rmh gue haha

  28. Aloel SR's Gravatar Aloel SR
    27 Mei 2013 - 11.26 | Permalink

    dan klo lo mau liat gue main gitar dideket gedung menara saidah itu lo klik aja linknya nih
    http://www.youtube.com/watch?v=gdxWxkDO11A
    thanks

  29. 1 Juni 2013 - 10.23 | Permalink

    tepat hari kamis malam jam 10an pas malam jumat lagi, jalanan macet total di daerah kuningan sampai cawang, pas lagi macet mobil saya tepat berhenti di seberang gedung menara saidah, saya perhatiin detail dari atas sampai bwah memang gedung ini sangat aneh, seperti ada aura jahat yang mengisi gedung itu.
    saya sempat merinding pas lagi merhatiin soalnya ada sebagian kaca pecah, lampu sama sekali tidak ada yang nyala. kecuali lampu jalan di depan gedung tersebut..

    saya berpikir sudah tidak bisa diragukan lagi kalau gedung ini benar2 menjadi sarang mahkluk halus, ditambah sudah beberapa tahun gedung ini tidak digunakan lagi..

  30. Kyla zea callista's Gravatar Kyla zea callista
    27 Juni 2013 - 08.11 | Permalink

    Aku pernah lewat situ malem malam ada wanita berbaju merah lewat di samping pagar aku melihat itu sekitar 4 detik , disitu sangat macuet
    Bye

  31. Vanila's Gravatar Vanila
    27 Juni 2013 - 12.13 | Permalink

    Saya jadi penasaran di dalam gedungnya masih bagus ga ya ? Hehe

  32. miwa's Gravatar miwa
    29 Juni 2013 - 21.22 | Permalink

    pengin k sana… s0 curious…
    ad yg bz bantu?

    • erine's Gravatar erine
      6 November 2013 - 16.55 | Permalink

      iya, penasaran banget sama ni gedung..
      dulu waktu gw masih SMK (gw lupa taun’a) ni gedung masih berfungsi, malah niat gw setelah lulus mau ngelamar kerja disana.. gw baru tau kalo sekarang dah kosong dan kata sebagain besar orang tempat’a angker..
      gw pngen k’sana kalo ada yg mau, gw ikut dong (tp rame-rame :D )… hahahahahhaa

  33. ihsan's Gravatar ihsan
    29 Juni 2013 - 23.14 | Permalink

    Wahh ±200 meter nih dr tempat gue kalo jln kaki. Yaa sedikit tambahan aja nih gan, dulu kata bapak ane, menara saidah itu kuburan, terus keberadaan sosok wanita berbaju merah itu sebenernya muka rata udh dr dulu disitu. Tentang kemiringan gedung, gedung itu miring ke arah carefor mt haryono. Tapi jujur sih ane sendiri blm pernah liat kejanggalan di gedung ini, saking penasarannya ane setelah main bola tepatnya magrib, ane sama temen2 nyoba main2 ke gedung itu sampe ke lantai 3 nya dengan naik tangga, tapi ane ga nemuin kejanggalan di gedung itu, cuma nemuin ‘keranda mayat’ dilantai 3 tepatnya di kantin, pasti agan2 pada bingung sama itu benda. Sama ane juga bingung kenapa bisa ada itu benda di dalam gedung semegah itu. Kalo untuk ke lantai basementnya ane angkat tangan deh gan, disitu memang sarangnya kalo kata orang sekitar. Dan untuk lebih jelas dengan sosok sosoknya agan bisa mampir aja ke jl.cikoko timur 1 dan bertemu bapak rahmat (kepala sis kamling) dia yg sering menemukan ke janggalan di area tersebut.
    Sekian dr ane gan. Thanks :)

    • Blacknight's Gravatar Blacknight
      2 Juli 2013 - 19.58 | Permalink

      Nice story Gan, jadi penasaran pengen lihat ke dalamnya lagi tahun 2000 ane pernah masuk kesana untuk kantor ane tapi nggak jadi. Masih rame waktu itu,…ada bank kantor pajak dll………..sayang….ya gedung bagus dan strategis…tapi nggak dipake……………

  34. sierly's Gravatar sierly
    29 Juli 2013 - 09.20 | Permalink

    Story nya jdi bkin tambah penasaran… Jdi pngen denger lagi.. Lagi.. Lagi .. Dan lgi hehehe

  35. sierly's Gravatar sierly
    29 Juli 2013 - 09.21 | Permalink

    Bgus jga tu gedung buat vacation.. Tour to menara saidah..

  36. ichan's Gravatar ichan
    29 Juli 2013 - 23.33 | Permalink

    Menyeramkan … penasaran… cerita lagiii dooong.. lagi..lagii.lagii

  37. 31 Juli 2013 - 20.07 | Permalink

    Saya malah gatau kalau menara saidah itu kosong melompong. Tahun 2006 saya kost di daerah jalan sensus di Otista, atap menara saidah itu paling jelas keliatan dr kamar kost saya, kalau malam sering dinyalakan lampu di bagian menaranya… Turut prihatin denger ceritanya sekarang :(

  38. Noh's Gravatar Noh
    1 Agustus 2013 - 13.54 | Permalink

    Kapan hari itu sore ane lewati tuh gedung dari samping arah sta. duren3 kalibata, ane liat di lantai brp ane gak tau, spertinya da penghuninya, klo ane berpendapat sih sepertinya tuna wisma yg tinggal disana alias gelandangan, coba deh cek kebenarannya, jagn2 jadi sarang penyamun. hehehehe

  39. fmy's Gravatar fmy
    2 Agustus 2013 - 15.26 | Permalink

    Terima Kasih atas saran2 nya , semoga saja bermanfaat untuk para pemilik yang ingin membangun gedung baru di jakarta yang harus dipikirkan struktur bangunannya dan jangan lupa selamatan , memohon kepada Allah SWT agar di beri keberkahan dan keselamatan . Amin.

  40. 13 Agustus 2013 - 18.14 | Permalink

    Eh yang mau trip ke sana hayo kita bareng2.

  41. baba neru's Gravatar baba neru
    18 Januari 2014 - 22.48 | Permalink

    Begitu ya ceritanya, ane setelah beberapa kali lwat dsitu selalu ngeliatin tuh gedung, heran juga,, gedung semegah ini kok gk dpake, penasaran makanya searching d google,, ternyata cerita ny seperti ini yah!! Wah serem juga!!

  42. ina's Gravatar ina
    13 Februari 2014 - 23.57 | Permalink

    Gara2 baca gak sengaja baca di kapanlagi.com…jadi ikutan penasaran juga.karna pernah lewat situ dan jujur itu gedung bagus banget dan megah.tapi ketika lewatnya pada malam hari jadi takut karna ternyata gelap banget.baru tahu sekarang kalo itu gedung dah kosong lama

Tulis komentar (Komentar akan di update setiap 6 jam)


*