Soto Pesugihan Ludah

Ini merupakan kisah nyata dan tulisan pertama saya di blog ini. Jujur saya menuliskan kisah nyata ini tak lain hanya untuk mengingatkan rekan – rekan agar lebih waspada.

Liburan tahun 2012 ini saya mudik ke Jawa, dalam kunjungan ke Jogja setelah perjalanan dari kota Solo, Jawa Tengah. Saya berlima bersama temen2 acara reunian, maklum uda jarang bertemu karena kesibukan di instansi masing2. Kebetulan salah seorang di antara kami memiliki kemampuan lebih karena bakat alami dia miliki yg mungkin karena faktor keturunan, rekan saya sebut saja namanya Anton (nama samaran) sejak kecil sudah menunjukan bakatnya, saya inget waktu sd dia pernah nangis di kelas gara2 melihat sesosok makhluk menyeramkan yg hanya dia sendiri yg melihatnya, saya dan temen2 lain ga melihat apapun..kelak seiring perjalanan waktu, kemampuan dia ini diketahui oleh eyang putrinya yg notabene ningrat Solo dan justru (menurut pengakuan rekan) bakat ini dilatih oleh eyang putrinya agar menjadi lebih terarah dan baik.

Melintasi jalan raya utama kota kecil yg menjadi pembatas antara Jogja dan Solo. Suasana siang hari yg terik ditambah sepanjang perjalanan kita banyak bercanda membuat perut keroncongan..akirnya mobil saya belokkan ke toko kain di pinggir jalan raya dekat alun – alun (lapangan kota) dan saya melihat ada banyak kendaraan parkir rupanya di dekat toko kain ini ada rumah makan  soto yg cukup banyak pembelinya. Saya segera cari  tempat parkir dan mobil saya matikan mesinnya. Kami bergegas masuk ke rumah makan ini.

Di  rumah makan “S” ini kami segera mencari meja dan memesan soto, tiba – tiba Anton menunjukan ekspresi yg tidak biasanya dia nampak jijik. Kami kira itu hal biasa, maklum Anton ini kan sejak kuliah – kerja uda di luar negeri jadi mungkin dia melihat tempat yg ramai dan pegawainya keteteran merapikan meja atau sisa2 makanan yg jatuh ke lantai. Kami segera memesan soto sapi berikut minuman, kecuali si Anton dia ga mau pesan makanan dan minuman, dari kejadian ini kami mulai curiga  dan kita sempat menanyakan apakah dia sakit? atau ga selera makan? Anton ga menjawab, dia hanya senyum, perut kami yg uda keroncongan mengalahkan semuanya..pegawai rumah makan membawakan pesenan dan kami segera menghabiskan pesenan kami ditambah gorengan yg ada di meja. Sama seperti dulu ketika kami yg masih berseragam putih merah berebut makanan di kantin.

Saya tambah 1 mangkok soto sapi lagi, tiba – tiba Anton mengingatkan saya untuk doa dan dia meniupkan doa sepertinya bahasa jawa kuno yg saya kurang paham, aneh ketika saya makan pesenan tambahan ini rasanya berbeda seperti kurang meresap bumbunya, perut saya mual dan nafsu makan saya hilang. Anton tahu hal ini dan dia nyeletuk “gimana rasanya? enak?” saya jawab mungkin saya kekenyangan jdi ga nafsu makan lagi. Anton bilang “jangan diteruskan lagi” dan Edo (nama samaran) yg sedari tdi rupanya menyimak raut muka Anton bilang “ada apa sih ton?” akirnya Anton menceritakan kepada kami, kami sempat tercengang dan dia mengajak kami untuk membuktikan “coba nanti kita pesen di bungkus ya” Kami segera memanggil pegawai yg ada, ternyata pegawai yg ada bilang “maaf, sotonya habis” tapi tak berapa lama kemudian ada pembeli baru datang dan memesan soto sapi ternyata masih ada, menu segera tersaji di meja sebelah kami, temen saya yg lain sempat emosi. Tapi Anton buru2 mencegahnya sembari mengajak kita bergegas ke kasir.

Di kasir, Edo membayar pesenan kami semuanya dan tak lupa Edo memesan soto sapi untuk dibungkus kebetulan persis di dekat kasir ada kuali berisi soto sapi yg masih penuh. Namun lagi – lagi penjaga kasir bilang “maaf sotonya habis”. Lah? saya heran itu sotonya di kuali masih banyak..bahkan saya dan Edo sempat berdebat ke penjaga kasir dan dia hanya menunduk saja.

Saya segera masuk ke mobil dan tancap gas, saya dan rekan2 kecuali si Anton uda mual2 ga karuan karena membayangkan kejadian yg barusan kami alami dan di SPBU kami segera ke kamar mandi dan mengeluarkan makanan yg ada di perut kami.

Benar ternyata apa kata Anton, rumah makan “S” ini menggunakan bantuan makhluk halus agar banyak pembelinya, menurut Anton di dalam rumah makan ini banyak makhluk halus berwajah menjijikan, ada yg wanita berambut gimbal, anak – anak kecil hanya bercawat dan telinganya mencuat ke atas, makhluk dengan lidah panjang dan liur menetes2 dari mulutnya, ada pula sosok hantu seperti korban kecalakaan dengan darah menetes dari mulutnya dan makhluk2 lain yg maaf ga bisa sebutkan karena saya jijik untuk mengingatnya. Semua makhluk halus itu memiliki kegiatan yg sama yaitu meludahi hidangan yg tersaji di meja dengan ludah mereka. Bahkan anak – anak kecil memasukkan jarinya ke dalam kuah soto, NAMUN ada satu hal pantangan SYARAT PERJANJIAN PESUGIHAN ini yaitu pesenan makanan utama tersebut tidak boleh dibawa pulang karena mereka (makhluk halus piaraan pemilik rumah makan) hanya bisa bekerja pada menu makanan yg terhidang di meja dan langsung disantap saat itu juga.

Melalui tulisan ini saya mengajak pembaca yg budiman untuk lebih berhati2 dan selektif dalam memilih makanan, demi kebaikan bersama saya bagikan pengalaman kisah nyata ini, silahkan pembaca mencoba jika ingin membuktikan kisah tersebut, cobalah anda memesan makanan untuk dibawa pulang dan di manapun sebelum makan sebaiknya berdoa terlebih dahulu.

 

Salam,

Doni

75 Comments to "Soto Pesugihan Ludah"

  1. kamal adi's Gravatar kamal adi
    22 Agustus 2012 - 21.05 | Permalink

    wah baru tahu soal makanan biar enak diludahin dulu,tapi ada yg lebih jorok lg,gw pernah baca cerita,makanannya (maaf)dikentutin dulu sebelum disajikan,beuh…ilfil jg bacanya,tapi ya namanya orang laper pasti ga pikir panjang soal itu,he5x,karna ga semua orang punya sixth sense,btw mantap jg ceritanya walaupun kurang serem

    • Lwx's Gravatar Lwx
      17 Februari 2013 - 17.09 | Permalink

      Aku pernah bungkus bisa tu…..kabarnya sih ini persaingan bisnis krn di situ ada soto lain yg nga laku setelah ada soto s….dan soto s itu francise krn pemilik dari soto ini kebeneran salah satu pebisnis sukses klaten….ya soto b nga laku otomatis lah bikin isu tak sedap…persaingan bisnis aja bro

  2. Aprodite's Gravatar Aprodite
    22 Agustus 2012 - 23.42 | Permalink

    Ih jadi takut kalo mau makan di resto-2 .adakah do’a tertentu utk mengetahui makanan yg kita makan itu bersih dr hal” mistis ? Btw, ceritanya bagus thanks mas Doni udh mau berbagi , Oh ya mas Doni, kenapa cerita ini nggak di sharing di Facebook juga ,kiranya bisa bermanfaat juga utk pembaca lain . Salam

  3. Yoshi's Gravatar Yoshi
    23 Agustus 2012 - 09.03 | Permalink

    hii….Yoshi juga baru pindah ke solo tahun lalu, Yoshi sempet syok, karna pernah sekali makan di warung bakso yang sangat ramai di daerah kartopuran, baksonya rasanya sama sekali enggak enak, dan denger2 kata tetangga kalo makan di situ kita “mangku” pocong, biar rasanya lebih enak. Tapi Yoshi sama sekali nggak ngerasa kalo baksonya enak (malah menurut Yoshi, itu bakso terburuk yg pernah Yoshi coba) , padahal Yoshi nggak tau kalo di situ ada setannya…

  4. Yoshi's Gravatar Yoshi
    23 Agustus 2012 - 09.04 | Permalink

    Ceritanya bagus! Yoshi juga baru pindah ke solo tahun lalu, Yoshi sempet syok, karna pernah sekali makan di warung bakso yang sangat ramai di daerah kartopuran, baksonya rasanya sama sekali enggak enak, dan denger2 kata tetangga kalo makan di situ kita “mangku” pocong, biar rasanya lebih enak. Tapi Yoshi sama sekali nggak ngerasa kalo baksonya enak (malah menurut Yoshi, itu bakso terburuk yg pernah Yoshi coba) , padahal Yoshi nggak tau kalo di situ ada setannya…

    • yudha's Gravatar yudha
      30 Oktober 2012 - 15.48 | Permalink

      itu di kota gue alun2 deket toko kain itu beneran ga sih

  5. pirman's Gravatar pirman
    23 Agustus 2012 - 10.01 | Permalink

    mending ludah sendiri yang ada di mulut,dari pada ludah yang lain,apalagi ludah mahluk halus.

    kalo aku kayak si anton aku pasti ngeluarin jurus kaki seratus

  6. BUDI SATRIADI's Gravatar BUDI SATRIADI
    23 Agustus 2012 - 12.05 | Permalink

    mas klo boleh tau alamatnya dimana?
    untuk cerita bagus

    • yudha's Gravatar yudha
      30 Oktober 2012 - 15.49 | Permalink

      alun2 kota kleten

    • 6 Maret 2013 - 18.49 | Permalink

      itu juga deket rumahku!!?!

  7. ergi harry's Gravatar ergi harry
    23 Agustus 2012 - 15.23 | Permalink

    betul itu gan doni, memang ga sedikit rumah makan yang memakai begituan, menarik pembeli dengan cara penglaris rasa melalui bantuan mahluk halus naudzubilahimindzalik… nice info gan mantap

  8. Galih Mardi's Gravatar Galih Mardi
    23 Agustus 2012 - 21.36 | Permalink

    gag kebayang deh yg udah makan soto nya
    ceritanya lumayan lha keep posting

  9. Miya's Gravatar Miya
    24 Agustus 2012 - 03.01 | Permalink

    itu warungnya kaya na “sop ayam pak min klaten”

    • dimas's Gravatar dimas
      22 Oktober 2012 - 12.10 | Permalink

      wah jgn lzng justice gtyu….kn t sop ayam pak min…

    • 6 Maret 2013 - 18.50 | Permalink

      jangan zuudzhon dudlu

    • agus's Gravatar agus
      13 April 2014 - 16.12 | Permalink

      itu dkat rmah qu itu yg d mksd d atas

  10. Colonel adit's Gravatar Colonel adit
    25 Agustus 2012 - 01.18 | Permalink

    Thank mas don, informasi yg aktual

  11. F Adi's Gravatar F Adi
    25 Agustus 2012 - 07.40 | Permalink

    @miya kan soto mbakyu, bukan sop

  12. Miya's Gravatar Miya
    25 Agustus 2012 - 10.58 | Permalink

    coba aja deh… di sop ayam pak min klaten, trz di bawa pulang wkwkwkwkw

  13. Lian's Gravatar Lian
    25 Agustus 2012 - 12.52 | Permalink

    thanks infonya..

  14. Kalong's Gravatar Kalong
    13 Oktober 2012 - 12.00 | Permalink

    Tadinya leper, pas baca ceritanya ilang nafsu makan

  15. umar lombok's Gravatar umar lombok
    13 Oktober 2012 - 23.20 | Permalink

    waah ceritanya menarik, seru gan… baguslh untuk jaga jaga…

  16. abdullah's Gravatar abdullah
    19 Oktober 2012 - 12.02 | Permalink

    ane sudah survei tuh tempatnya saking penasaran byk yg bahas..ternyata tu soto “sed*p” ya? itu mah sudah terkenal sukanya main dukun gan,,org2 kota ane (pusat asalnya tu soto kan dari kota B) manggilnya soto umbel,,hihihihi,,yg punya soto terkenal minta bantuan/ muja setan yg suka netes ludah/ ingus (umbel) kekuah sotonya maksudnya biar laris tapii inget siapa yg memuja maklhuk seperti itu kelak di ketika meninggal akan menjadi budak2 setan,, saran aja buat yg lagi hamil tua jgn kerja/ makan di sna nanti klo uda keluar bayinya boleh dah ente mau kerja/ makan di sna kalo msih doyan ma soto umbel,,

  17. Nur's Gravatar Nur
    19 Oktober 2012 - 12.38 | Permalink

    Sy pernah makan dsitu jg krn kebetulan deket sm t4sy kerja.rame bgt memang.di depan nya ada wrng soto jg tp sepi bgt berbanding terbalik sm soto”S”.Soal gak blh dibungkus itu bener gan.sy makan dsitu mau bungkusin bwt temen tp alesannya bungkus plastiknya habis.soal pesugihan ya percaya g percaya sih ya tinggal persepsi masing2. :)

  18. Ghans's Gravatar Ghans
    19 Oktober 2012 - 13.29 | Permalink

    Ehm…hallah…enakan soto ny bu.joko kantin mitra…..

  19. Dhegot's Gravatar Dhegot
    19 Oktober 2012 - 13.36 | Permalink

    Enyak….enyak

  20. Mr,g's Gravatar Mr,g
    20 Oktober 2012 - 06.51 | Permalink

    kok ngeri gitu mas doni,,,pngen mkn yg enek mlm d kasih soto umbel ,,,ih mengerikan.
    mungkin mas doni punya tips misalkn mau beli mkn yg bnr2 aman…

  21. dimas's Gravatar dimas
    22 Oktober 2012 - 12.12 | Permalink

    ih..jorok nih….mending makan dirumah sendiri dah pasti terjamin mantab…

  22. yudha's Gravatar yudha
    30 Oktober 2012 - 15.52 | Permalink

    emang ada penunggunya??
    kmrn gue jga mau ke tempat soto, untungny gk jadi

  23. cayawz's Gravatar cayawz
    12 November 2012 - 13.50 | Permalink

    di tempat aku lebih jijik lagi, ada yang jualan baso, pake jimat (maaf banget yah) CD bekas cewek, ih jorok, banget ,,,,

  24. 28 November 2012 - 16.08 | Permalink

    alhamdullilah, puji syukur karena semua beban hutang yang menumpuk akhirnya dapat terbebas juga, selama hampir 15 tahun saya menanggung hutang hampir 5 milyard, semua harta benda sudah ludes terjual untuk menutupinya, bahkan sertipikat rumah & tanah peninggalan orang tua juga tergadai, tapi hutang tidak lunas juga, berbekal informasi dari seorang sahabat yg sudah berhasil,saya coba menghubungi Ki GUNTUR DI 0-8-5-3-9-8-2-3-0-1-6-7, setelah melalui proses panjang pemikiran & pertimbangan yg matang karena sudah beberapa kali tertipu dengan oknum dukun, maka saya putuskan untuk minta bantuan Ki GUNTUR, singkat cerita,tidak sampai 10 hari semua proses selesai, saya mendapatkan uang 10 milyard dari bank goib, alhamdulillah semua hutang saya sekarang sudah lunas, semua sertipikat sudah saya tebus, dan yg paling membuat saya bahagiah adalah usaha yg saya rintis sekarang berkembang pesat sekali, ini semua di luar nalar logika saya, tapi ini adalah fakta & kenyataan hidup, saya sangat berterima kasih dengan Ki GUNTUR, beliau sudah saya anggap seperti keluarga.salam hormat dari HADI PURNOMO MARUKAI DI MANADO

  25. Brandon's Gravatar Brandon
    8 Desember 2012 - 08.50 | Permalink

    Waaaah…….aku tau mana tuh warung yg dimaksud, karena saya 1 kota, barusan juga habis srapan disitu, waahh…jd ilfeel gak bisa bayangin, gak nafsu….
    tp emng bener seeh warung situ selalu ramai gak pernah Seppii…
    tapi kalo kayak gitu carane mending balik kanan aja deeh,
    thanks mz.Doni

    • yuni's Gravatar yuni
      8 Maret 2013 - 21.44 | Permalink

      mending di ludahin ak pernah waktu mau bayar,eh malah ada cawat yg terangkat dr tempatnya

  26. ndeziro1's Gravatar ndeziro1
    12 Desember 2012 - 12.36 | Permalink

    Maaf itu yg bank ghaib boonk yaaaa

  27. firman's Gravatar firman
    13 Desember 2012 - 16.52 | Permalink

    iya di deket rumah saya juga ada warung makan yang seperti itu ada dua, 1 soto ceker, 1 lagi warung makan gitu

  28. Ridho's Gravatar Ridho
    24 Desember 2012 - 07.29 | Permalink

    ada tips untuk bungkus nih..

    ketika beli disana, jangan lupa bawa kantong plastik atau kresek 2 atau lebih.. terus masukin tuh soto ke kresek dan pulang..
    sampai luar, silahkan buka dan siapkan kresek lagi (untuk menampung muntahan anda)..

    • Indra's Gravatar Indra
      25 Desember 2012 - 13.55 | Permalink

      Wah bisa dicoba tuh tipsnya

  29. Indra's Gravatar Indra
    25 Desember 2012 - 13.54 | Permalink

    Semua itu sudah bukan rahasia lagi, banyak terjadi di masyarakat kita yang masih kental dengan dunia mistik. Memang benar adanya kalau kita makan harus berdoa dulu agar terhindar dari hal-hal seperti itu,

  30. habib's Gravatar habib
    26 Desember 2012 - 14.39 | Permalink

    jangan langsung percaya..coba kalian buktikan dulu dengan beli soto disitu benar tidaknya informasi itu. :D
    jangan jangan itu persaiang pedagang bisa juga provokasi..

  31. habib's Gravatar habib
    26 Desember 2012 - 14.43 | Permalink

    klaten itu kota soto..metal terus.jangan lupa sholat

  32. Salsabila's Gravatar Salsabila
    26 Desember 2012 - 18.14 | Permalink

    Wex…..nggilani rek mending bikin soto sendiri:D

  33. tyoz666's Gravatar tyoz666
    30 Desember 2012 - 12.06 | Permalink

    kayaknya ane tau nie,cz dikota ane..
    Belakang toko kain k**a b**u itu ta?nama’a soto se**p.

  34. abi's Gravatar abi
    31 Desember 2012 - 19.27 | Permalink

    Soto Sedap BoYOLali,deket toko kain kota baru kota klaten

    • cuizz's Gravatar cuizz
      7 Januari 2013 - 01.07 | Permalink

      oke broo abi. .jawabnya warung soto yg jualan soto sapi, itu yg d maksud soto iLer .

  35. abi's Gravatar abi
    31 Desember 2012 - 19.38 | Permalink

    Mohon Maaf untuk komentar sy yg pertama salah ketik,mau tulis Soto sedap barokah kah?tp blm selesai tulis udah dikirim sm temen.

    • Ncut's Gravatar Ncut
      31 Desember 2012 - 20.39 | Permalink

      baik, saya hapus ya komentar nya yg pertama.
      Terimakasih sudah bergabung dengan kami.
      Dicoba bercerita jg ya ;)

  36. lena's Gravatar lena
    2 Januari 2013 - 18.28 | Permalink

    pantesen… sya tuh sering jajan di luar…pas makan di situ rasanya enak…tiba dibungks mau mkan dirumh..rasanya gak seenak klu mkan ditmpt yg jualnya…trus di kota sblga tuh ada warung bakso yg trkenal & cab. nya bnyk..kabarnya enak…pas sya mkn ga enak pun

  37. prapto's Gravatar prapto
    11 Januari 2013 - 13.36 | Permalink

    sy pernah makan disitu yaaa….enak juga .tapi stlh tahu ya gaklagi donk

  38. ana's Gravatar ana
    12 Januari 2013 - 09.00 | Permalink

    whueeeeeeek,hanya baca critanya saja muel mau muntah palagi ngrasa’in makan tuh soto,tapi kalo emang dari awal tidak tau kalo prosesnya soto seperti itu ya mungkin gak da rasa mual kali yach

    • mbocit's Gravatar mbocit
      4 Agustus 2013 - 13.43 | Permalink

      Aku mw cba ahh…
      apkh bnar tdk blh d bwa plang ??
      klu soto pak min sich gg mngkin
      soalnya cucu dia tmn gw SD :D

  39. arta's Gravatar arta
    13 Januari 2013 - 21.18 | Permalink

    maka jangan membeli atau makan disembarang tempat lebih baik makan masakan yang disediakan dirumah lebih bersih sehat dan halal kan?

  40. kiky's Gravatar kiky
    23 Januari 2013 - 10.25 | Permalink

    terimakasih atas infonya ya ;)
    tmbah pengalaman ..

  41. Catur's Gravatar Catur
    23 Januari 2013 - 22.30 | Permalink

    gan pict nya dong… :seram temen ane juga ada yang cerita begitu gan semula apsa diceritain itu ane gak percaya gan…. :seram juga ya…

  42. RARAS RINDA RAHAYU's Gravatar RARAS RINDA RAHAYU
    28 Januari 2013 - 18.18 | Permalink

    KOK TOKO KAIN DEKET ALUN – ALUN YAAA…… HMMMMMM
    APA INI SOTO YG ADA DIDEKET ALUN2 KLATEN YAA,,,,, WAOOOOO SERREEEEEMMMMM……….. PANTESAN DISITU RAME BANGET……….. TERIMA KASIH YA INFONYA :)

  43. Nay's Gravatar Nay
    1 Februari 2013 - 12.12 | Permalink

    . Warung soto it dkt toko kain Kota baru kn ka’,, iya saya tau it,, s’tiap hr rame bgt it warung na,,
    Oea,, ada pict na ndag ka’,, cba share donx low ad pict na,,, jd pnsaran nech,,,,
    Mkch ea info na,,,, :-)

  44. shilih's Gravatar shilih
    6 Februari 2013 - 23.20 | Permalink

    njijiki…..

  45. Sastro's Gravatar Sastro
    8 Februari 2013 - 21.46 | Permalink

    Pesugihane melet2, jejeli peli wae

  46. dewi's Gravatar dewi
    11 Februari 2013 - 18.23 | Permalink

    ak prnh beli bawa pulang bisa tuh….

  47. avril najzwa's Gravatar avril najzwa
    14 Februari 2013 - 15.00 | Permalink

    pesugian kayak gitu emang ada,,,,dan aku percaya, dan perna terjadi juga di daerahku ,,,,tapi ini bukan soto tapi penjual bakso, karena yang bikin aneh ,,,,,ditempat itu gak disediahin tisue atau lab,,,,,,.

  48. Lwx's Gravatar Lwx
    17 Februari 2013 - 18.58 | Permalink

    Aku pernah bungkus bisa tu…..kabarnya sih ini persaingan bisnis krn di situ ada soto lain yg nga laku setelah ada soto s….dan soto s itu francise krn pemilik dari soto ini kebeneran salah satu pebisnis sukses klaten….ya soto b nga laku otomatis lah bikin isu tak sedap…persaingan bisnis aja bro

  49. ag's Gravatar ag
    27 Februari 2013 - 20.10 | Permalink

    Soto sin g ning cerak alun alun ngerti aku, tapi rung tau jajal, besok kapan2 yen balik klaten ah

  50. Younee's Gravatar Younee
    28 Februari 2013 - 13.01 | Permalink

    iih…
    mkasih atas infonya

  51. boose's Gravatar boose
    4 Maret 2013 - 10.48 | Permalink

    ok jg tu infonya….tp yg pnting klu mrsa enak,nyaman,&tdk gngu kesehatan gk mslah…dijamin klu emang kntong tipis,gk bakal ketagihan…..tnks browwww…infonya…!!!!

  52. 12 Maret 2013 - 11.37 | Permalink

    deket rumahku tuh ,

  53. Kang Kuriman's Gravatar Kang Kuriman
    10 April 2013 - 23.22 | Permalink

    walah…, pdhal aq suka soto. tp emang ada koq pesugihan/pelarisan seperti itu.

  54. ahmad's Gravatar ahmad
    16 April 2013 - 07.37 | Permalink

    Wah..jangan su’udzon dulu lah.. aku kenal sama yang punya, insya Allah ndak pake gitu2an. Beli bungkus bisa kok..aku sering beli bungkus. Mungkin pas rame pembeli, ndak sempet bungkusin… yang punya soto jg hajjah yang baik.
    Jangn terhasut sama omongan orang yang syirik deh.. inget lho..fitnah itu lebih kejam dari membunuh sesama..

  55. yusuf's Gravatar yusuf
    16 April 2013 - 14.45 | Permalink

    semoga Allah mengampuni segala dosa2 kita… yang telah lalai dan menebarkan sesuatu yang tidak benar…

    “Ya Rabb kami, janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang dzalim dan selamatkanlah kami dengan rahmat (kasih sayang) Engkau dari (tipu daya) orang-orang kafir.” (QS Yunus [10]:85-86)

  56. juan's Gravatar juan
    19 Mei 2013 - 16.07 | Permalink

    s itu apa ya?

  57. aya's Gravatar aya
    1 Juni 2013 - 10.00 | Permalink

    astagfirulloh aladzim,yang nyebar gosip yahut banget ngarang ceritanya.saya sering kok bungkus sotonya.mungkin waktu lagi rame kali,jadi repot ga bisa bungkusin.kalo di bawa ke rumah juga enak2 aja.biasalah persaingan bisnis.main yang sportif lah..ckckckckckc….

  58. edi rustanto's Gravatar edi rustanto
    28 Juni 2013 - 10.01 | Permalink

    ya namanya org cari rejeki banyak macam caranya tergantung kadar keimanan seseorg terhadap Tuhan, tapi kita juga tidak boleh menghakimi seseorg tersebut karena kita tidak punya bukti, siapa tahu itu cuma trik dagang antar kompetitor untuk menjatuhkan saingan dagangnya….Biar Tuhan yg akan menghakimi kelak…

  59. 4 Agustus 2013 - 15.36 | Permalink

    lV738r Hey, thanks for the article post.Really thank you! Really Cool.

  60. anonymous's Gravatar anonymous
    11 Januari 2014 - 21.01 | Permalink

    ya. saya juga mendapatkan cerita yang hampir persis dengan cerita ini dari saudaranya pacarnya kakak saya…
    beberapa waktu yg lalu kakak saya menceritakan bahwa saudara pacarnya itu seorang anak kecil yang bandel. dia dan keluarganya ingin makan di sebuah warung soto yang ada di kota baru atau kota gede giituu…
    dia itu bandel dan lari-lari di warung itu…
    tanpa sengaja dia masuk ke dapur warung itu dan dia melihat genderuwo bertaring panjang yang sedang meludahi kendi yang berisi soto ayam yang sedang dimasak itu..

  61. ary's Gravatar ary
    16 Juni 2014 - 04.32 | Permalink

    Allohuu a’lam syaa org klaten, pernah jugs makan Di bareng soto itu, Di luar ttg pesugihan (saya ga tau karena ga ada 6th sense) pernah makan skali tp menurutku tempatnya jorok n rasa soto hambar ga jelas jd ga pernah beli lagi tp Heran jg kok laris sekali

Tulis komentar (Komentar akan di update setiap 6 jam)


*